Mei 16, 2010

5 Hal Penting Dalam Bisnis Online

Apa saja hal-hal penting yang dibutuhkan dalam bisnis online di Internet? Dalam hal ini mungkin seperti situs toko online atau semacamnya. Disini setidaknya ada 5 hal penting. Berikut ini beserta penjelasan secara singkat.

Desain Website atau Blog
Desain website atau blog sebagai hal penting dalam bisnis online di internet. Membuat website yang menarik, mudah dinavigasi, ringan, penuh informasi akan memudahkan calon pelanggan dalam surfing website dan menemukan produk produk yang mereka cari dan sukai. Jika sedikit mengerti pengkodean HTML atau CSS dapat mendisain sendiri website toko online sesuai keinginan dan selera. Atau jika tidak bisa menggunakan jasa pembuat website yang banyak bergentayangan di internet. Googling please!


Memasukkan Produk produk jualan
Masukkan semua produk yang coba dijual ke dalam website. Tata sebagus dan serapi mungkin agar dapat dijelajahi oleh pengunjung website Anda. Berikan sedikit review namun informatif tentang tiap item produk Anda. Penataan yang seimbang juga penting dengan mengatur keseimbangan antara tampilan gambar produk dan keterangan produk. Buat semudah mungkin untuk dinavigasi dan jangan buat pengunjung Anda bingung.

Promosikan bisnis online Anda
Memperkenalkan bisnis online menjadi hal penting selanjutnya. Promosikan bisnis online atau perusahaan Anda melalui media yang ada di internet. Umumnya hal ini dilakukan melalui iklan baris gratis, periklanan PPC berbayar seperti Google AdSense, dan PPC lain baik lokal maupun non lokal. Sesuaiakn saja dengan target pemasaran bisnis online dan budget promosi Anda.

Satu lagi cara jitu promosi bisnis online paling populer adalah melalui search engine. Upaya promosi ini sering kita dengar dengan istilah SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing). Kedua hal ini hampir sama secara teori dalam internet marketing, SEO bertujuan untuk mendapatkan peringkat tertinggi di halaman result mesin pencari, sehingga dari sana akan datang pengunjung. Nah SEM ini tentunya kelanjutan atau berbarengan dengan SEO. Artinya semua hal berkaitan dengan upaya SEO kemudian datang traffic dan pengunjung, sama sama berlanjut ke tujuan akhir yaitu keberhasilan marketing (pemasaran).


Kemudahan pilihan dalam pengiriman dan pembayaran
Sediakan seluas mungkin layanan penjualan terutama hal pembayaran dan pengiriman produk bisnis online. Pembayaran yang mudah serta bisa dilakukan melalui berbagai cara yang ada, akan sangat baik untuk kemudahan transaksi bisnis online. Kemudahan dalam pembayaran ini seperti contoh tersedinya semua jenis BANK tempat pelanggan mentransfer uang pembayaran. Juga perlu menyediakan pembayaran melalui rekening online seperti paypal, alertpay dan lain sebagainya.

Pengiriman barang dengan menggunakan jasa pengiriman barang yang terpercaya dan mempunyai reputasi baik, adalah hal penting demi menjaga salah satu aspek kepuasan pelanggan. Dan tentu saja lebih jauh berguna untuk upaya mengunci pelanggan untuk waktu lebih lama lagi menjadi pelanggan. Jasa pengiriman yang baik ini biasanya meliputi; kecepatan pengiriman, banyaknya jadwal pengiriman setiap harinya yang biasanya lebih dari 1 kali pengiriman [sehingga jika harus mengirim barang kapanpun, mereka siap] serta jam pelayanan yang lebih panjang, seperti dibukanya kantor sampai jam 8 atau 9 malam.

Memenej pelanggan
Setelah ke 4 hal di atas, penting dilakukan yaitu memenej (managing) pelanggan. Memenej disini maksudnya adalah upaya bagaimana cara membuat pelanggan terpuaskan dengan semua layanan, membuat pelanggan tidak lari ke produk dan layanan pesaing bisnis dan seterusnya. Jika memungkinkan sediakan seorang PR untuk keperluan konsultasi pelanggan melalui kontak info dan layanan yang ada. Hal ini demi kelangsungan bisnis online dalam jangka dan waktu yang lebih panjang. INGAT! Pesaing di luar sana mati matian berusaha merebut perhatian PELANGGAN bisnis Anda!.

Artikel berkaitan :
==============================
>> Hal Penting dalam Website Internet Marketing
>> Komponen Penting Dalam Blog
>> Pilih jenis bisnis online paling cocok untuk monetize blog Anda
>> Penyebab gagal menghasilkan uang dari blogging
>> Cara-cara menghasilkan uang dari internet
>> Kapan saatnya monetizing blog?
>> Mencari pengunjung berkualitas dengan link yang berkualitas

6 komentar:

  1. trimakasi sarannya. akan ku coba. n bagi tips ya? priyantoedot.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Ok,,, Postingan yang bermanfaat....
    Salam Kenal....

    BalasHapus
  3. Wah betul itu gannn.. mantap buat infonya!!

    BalasHapus
  4. Artikel tentang tips trik PTC,PTR dan pay per lainnya gk ada y mas? di share ya kalau ada thx

    BalasHapus
  5. Mantab Gan infonya, pelayanan terhadap pelanggan memang yang paling utama Gan, walaupun itu hal yang tidak mudah, tapi tetap harus diusahakan sebaik mungkin

    BalasHapus
  6. Mantab Gan infonya, pelayanan terhadap pelanggan memang yang paling utama Gan, walaupun itu hal yang tidak mudah, tapi tetap harus diusahakan sebaik mungkin

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.