Juli 21, 2010

Pilih bisnis online paling cocok untuk blog Anda

Memilih jenis bisnis online yang paling cocok dan sesuaikan dengan blog juga sangat penting dalam menghasilkan uang dari blogging. Tanpa jenis yang benar benar cocok dengan blog, upaya monetize blog mejadi tidak maksimal. Setelah sekian lama bekerja keras membangun blog dan mendatangkan traffic dengan berbagai cara, saatnya untuk mencari dan memilih jenis yang paling cocok untuk diitegrasikan ke dalam blog untuk pendapatan extra dari internet yang maksimal.

Ketikan banyak membaca posting blog para 'guru' di internet untuk mencari informasi cara mendapatkan uang dari bisnis online, kebanyakan mereka sepakat pada beberapa hal mendasar yang penting seperti, traffic dan konten. Traffic adalah kunci sukses bisnis online Anda. Apalah artinya website atau blog tanpa traffic? dan konten yang berkualitas dan banyak memberikan manfaat untuk pengunjun, keduanya akan sangat mendukung kesuksesan bisnis internet.

Sebelum memilih jenis yang cocok,  hal perlu diperhatikan: Analisa traffic blog Anda dengan tool statistik yang ada, rekomendasi ; Google Analytics. Perhatikan hal penting yang satu ini, dari manakah pengunjung terbanyak blog kita? dari search engine, dari website referral, dari subsciber? atau dari yang lain. Kesimpulan penting dari analisa ini adalah untuk mendapatkan data asal dan jenis traffic dan visitor, yakni:
1. Dari search engine
2. Pengunjung setia, dan
3. Referrer, subscriber dan social media bookmarking.


Traffic dari search engine
Pengunjung yang datang dari mesin pencari, biasanya datang dengan kata kunci yang menjadi niche blog kita dan lebih banyak lagi dari kata kunci yang tidak kita duga sama sekali. Kebanyakan dari mereka datang sesekali dan jarang atau bahkan tidak pernah kembali lagi. Mesin pencari adalah pendatang traffic gratis dan tidak terbatas tetapi sangat sangat dinamis. Karena sifatnya yang sangat dinamis itulah tentu saja tidak bisa hanya mengandalkannya untuk meraup penjualan bisnis online.

Nah, bisnis apa yang paling cocok jika blog atau website Anda berasal dari mesin pencari? Berkiblat pada sedikit uraian tentang kedinamisan search engine di atas, maka jenis yang cocok adalah pertama: text link ads dan PPC seperti Google Adsense (jika blog berbahasa Inggris) dan PPC yang lainnya (jika blog berbahasa Indonesia). Kedua: kolom iklan banner atau iklan link. Tapi tetap harus memperhatikan dan menyesuaikan konten blog.

Pengujung yang datang dari mesin pencari bisa disimpulkan sebagai pengunjung tidak setia, meskipun tetap saja sebagian kecil dari mereka akan berpotensi menjadi pengunjung setia jika saja mereka kemudian melakukan bookmark atau subscribe pada blog kita. Atau website kita mempunyai posisi yang sangat bagus dengan kata kunci niche yang sangat populer.

Pengunjung setia
Pengunjung yang selalu datang dan mengunjungi website atau blog kita setiap hari atau bahkan setiap waktu. Banyak alasan tentunya kenapa bisa begitu. Pengunjung setia sering juga disebut dengan pengunjung unik atau unik visitors. Ini adalah pengunjung dengan nomer IP yang sama yang selalu datang mengunjungi website, seperti contoh websitenya mashable yang mempunyai unik visitor puluhan juta perminggunya.

Nah, jenis apa yang cocok jika pengunjung terbanyak adalah pengunjung setia. Menurut banyak 'guru', bisnis yang paling cocok untuk yang seperti ini adalah afiliasi. Sedikit penjelasan mengenai hal ini adalah bahwa pengunjung setia bisa dipastikan selalu atau hampir selalu membaca dan terus mengikuti update, serta alasan lain mengapa mereka mengunjungi website setiap hari. Disaat inilah mereka akan tergiring ke arah link link dan banner afiliasi yang ada dan sesuai dengan niche atau topik artikel Anda tentunya.

Dan, jika pengunjung website dari keduanya bagus, maka tentu saja PPC text link ads dan afiliasi sangat cocok untuk segera ditancepkan. Analisa dan kenali website Anda untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online di internet dengan menancapkan jenis yang paling cocok.

Artikel berkaitan:
_____________________________________________
>> Sumber pendapatan online alternatif selain AdSense
>> Mulai bisnis online dari rumah sekarang juga
>> Bisnis afiliasi jenis mudah untuk pemula, benarkah?
>> Membangun kepercayaan costumer di bisnis online
>> Penyebab gagal menghasilkan uang dari blogging
______________________________________________

3 komentar:

  1. ...bisnis online memang sangat mengiurkan, dahsyat!!!!!!

    BalasHapus
  2. @Tianshi : Sukses deh mlmnya...nggak nyangka saya ternyata Tianshi masih ada..he he

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.