April 08, 2010

Mulai Bisnis Online dari Rumah Anda

Mungkin menjadi impian di saat saat ini ketika semua orang membicarakan bisnis online di internet. Istilah bisnis online ini juga sering kita kenal dengan "bisnis dari rumah atau home business". Meskipun sebenarnya bisnis internet tidak selalu harus dilakukan dari rumah. Enak..?so pasti bro..!. Satu hal yang jelas bahwa jabatan sobat adalah bos di sini, yang bebas melakukan apa saja, termasuk absen, bolos, nggak pakai sepatu, nggak pake seragam, nggak ngerjain PR dan seterusnya. mantep tho..?

Nah..mungkin yang menjadi masalah adalah bagaimana harus memulai dan menjalankan bisnis rumah (home business) ini?. Sebagai contoh saja bila selama ini Anda adalah seorang penjahit yang telah mempunyai produk tertentu semisal baju, pakaian penganten, seragam dan apapun yang serhubungan, sementara selama ini Anda hanya memasarkan produk Anda melalui promosi secara konvensional (cara lama), baik melalui pelanggan, promosi dari mulut ke mulut dan seterusnya, mungkin saat ini Anda harus mulai berfikir untuk berpromosi melalui dunia internet. Bila cara ini berhasil, mungkin Anda harus membuat selebaran atau iklan di media massa yang berisi tentang dibutuhkan banyak karyawan di rumah Anda dengan gaji tinggi. (jangan ngelantur dulu ah....!!)

Oke..! prosesnya bagaimana kok bisa pesanan jahitan Anda akan berlipat ganda dengan konsumen yang jauh lebih banyak dan berada di seluruh penjuru dunia?, gambaran sederhana begini:

Pengunjung(visitor) + web Anda + produk, layanan dan fitur = ORDER ANDA!!

Pengunjung yang datang dari internet adalah berasal dari seluruh dunia. Bukan hanya di satu negara, satu benua saja. Atau bahkan mungkin jika benar ada "alien"  di luar sana, dan mereka mengakses internet, mereka juga bisa menjadi pelanggan Anda (ngelantur lagi...). Hal ini akan membuat produk bisnis Anda terlihat oleh orang-orang pengguna internet di seluruh dunia. Saya kira jelas keterangan mengenai hal ini.

Setiap poin pada deretan rumus di atas tentu saja membutuhkan hal yang spesifik pada setiap point nya. Berikut uraian sederhananya:

1. Pengunjung web (visitors)
Pengunjung web bisa berasal dari mana saja di seluruh jaringan internet dunia, tetapi dalam hal ini (=produk jahitan) yang anda butuhkan adalah pengunjung yang sedang membutuhkan tentang semua hal yang berkaitan dengan JAHITAN. Atau di dunia bisnis online internet, ini disebut targetted visitors (pengunjung yang ditembak atau calon konsumen Anda). Para webmaster bisnis internet di dunia bisnis online sepakat, bahwa mendatangkan pengunjung yang sesuai target adalah yang TERSULIT. Tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan, karena untuk mengatasi hal ini (mendatangkan pengunjung yang ditarget) salah satunya yang umum adalah dengan SEO (= Search engine optimization) baca artikel seo nya!.

Bila mau melakukan seo ini sendiri, siapkan saja mental Anda dan beberapa obat sakit kepala jika nanti pusing karena SEO. namun bila mempunyai dana lebih yang dikhususkan untuk promosi produk Anda, hal ini tidak lagi menjadi hal yang sulit. Anda bisa membayar jasa untuk SEO yang sekarang juga banyak tersedia. Bayar saja mereka dan Mereka akan dengan senang hati menggantikan pusing Anda dan mereka akan mengerjakan semuanya. Anda juga bisa mengikuti program PPC yang benar-benar dapat mendatangkan pengunjung yang ditarget, seperti Google Adword (iklan tampil di Google Adsense sesuai kata kunci tertentu). Keseluruhan proses ini saya sebut "pengunjung yang berkualitas!"...Klik DISINI untuk membaca artikel pengunjung berkualitas.

2. Website / blog Anda (situs)
Setelah proses yang pertama, Anda harus dapat membuat pengunjung anda berminat dan membeli produk yang ditawarkan melalui halaman website. Ini bukan tentang bagaimana tampilan halaman website atau blog anda saja, tetapi lebih penting adalah isi atau konten Anda secara keseluruhan. Dalam hal ini (JAHITAN), pengunjung harus benar-benar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Intinya begini : Website anda harus menarik! tetapi bukan hanya TAMPILAN melainkan juga Isi secara keseluruhan. Ini adalah tentang penataan halaman web yang baik sehingga dapat menarik dan memudahkan pengunjung. Tentang bagaimana melakukan hal ini, baca artikel "SEO on page - step by step".

3. Produk, layanan dan Fitur Anda
Ini mencakup semua hal tentang produk anda. Kualitas produk, jaminan (garansi kepuasan pelanggan), kenyamanan pelanggan terhadap pelayanan Anda dan seterusnya. Kualitas produk (yang dijual secara online) dalam website bisnis online, biasanya dibuktikan dengan testimoni testimoni kepuasan para pelanggan Anda terdahulu. Buatlah beberapa testimony dari orang orang nyata yang dapat dihubungi melalui telepon, forum, email, social media atau bahkan alamat rumah mereka. Pengunjung Anda akan mempercayai ini sebagai bukti kuat yang meyakinkan mereka tentang produk Anda. Dan ini adalah testimoni nyata dan bukan sebagai testimoni yang membohongi dengan tujuan untuk peningkatan penjualan bisnis online dalam internet marketing saja.

Diluar ketiga rumus di atas, masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan antara lain tentang motode pembayaran (online maupun tidak) dan pengiriman barang pesanan, seorang akuntan, tutor bisnis online dan juga mungkin seorang web designer. Metode pembayaran secara online sekarang tidak sulit lagi, mungkin dibutuhkan akun (acount) BANK tertentu sebagai media pembayaran langsung atau sebuah akun pembayaran di internet seperti paypall dan alertpay sebagai pembayaran online. Tentang pengiriman mungkin Anda harus menggunakan jasa kurir jika lokasi masih terjangkau, atau jasa pengiriman barang yang sekarang juga tidak sulit untuk kita temukan. Sebutlah yang besar dan mencakup kiriman dunia FED-Ex, TIKI - JNE dan masih banyak lagi perusahaan kecil (bersekala nasional) yang juga melayani jasa pengiriman ini.

Atau jika bahkan bisnis online Ada telah benar-benar go publik, mungkin Anda membutuhkan seorang accounting yang akan mengurus keluar masuk keuangan Anda secara keseluruhan, atau juga Anda membutuhkan seorang webmaster dan penasehat bisnis online dan operator khusus. Seorang webmaster dan penasihat bisnis online akan mengerjakan hal seputar mekanisme bisnis online, solusi promosi online, membaca pasar atau bahkan SEO dan seterusnya. Dan operator khusus, akan mengurusi segala macam seputar jaringan bisnis online dan internet marketing anda, mulai dari mengurusi domain, hosting, design web, promosi online daaaaaan lain sebagainya......

Terimakasih, sampai jumpa di posting berikutnya....

Artikel berkaitan:
Step by Step SEO Mudah dan Gampang | High Quality Links / Visitors | Onpage SEO - Optimasi kata kunci pada Isi Teks Posting | On-page SEO - Optimasi Kata Kunci dalam Halaman | Belajar Kata Kunci (Keyword)

2 komentar:

  1. ketagihanbisnisSenin, April 19, 2010

    iiihhh..masa hinaan, blog nya bagus kok. kereeennnn....saya mau belajar ah...

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.