Mei 31, 2010

Pemasaran Afiliasi Jenis Mudah untuk Pemula. Benarkah?

Jika baru dalam bisnis online dan internet marketing, pastilah yang pertama dipelajari adalah bagaimana mendapakan uang dari internet secara online. Dan pastilah akan sampai kepada apa itu bisnis afiliasi dan berlanjut ke pemasaran afiliasi atau affiliate marketing. Benarkah ini jenis yang mudah dijalankan? bahkan oleg pemula sekalipun?. Ok..sebelumnya kita kembali pada seperti apa sih pemasaran afiliasi itu dan bagaimana bisa mendapatkan uang di internet dengan bisnis afiliasi?.

Ok..secara singkat, dalam affiliate marketing, Anda mempromosikan produk produk orang atau perusahaan lain dan mendapatkan komisi ketika ada seseorang yang membeli produk yang kita promosikan. Dalam artikel afiliasi sebelumnya, saya menyebutnya dengan istilah 'makelar online'. Bisnis afiliasi ini menjadi jenis bisnis online yang banyak diincar oleh internet marketer di seluruh dunia karena berbagai alasan seperti bisa mendapatkan penghasilan online tanpa harus mempunyai produk sendiri untuk dijual.  Itu pula yang menjadi alasan kenapa bisnis afiliasi menjadi cara yang paling populer dalam bisnis online di internet.

Kenapa Pemasaran Afiliasi?
Seperti diulas diatas, karena tidak perlu mempunyai produk sendiri untuk dijual. Disini tidak perlukan menjadi ahli dan mahir membuat e book atau paket video untuk dijual. Yang perlu dilakukan adalah mengajak orang orang untuk membeli produk yang kita afiliasi dan promosikan. Dan pada saat berhasil menjual maka secara langsung uang masuk kantong.

Salah satu alasan lain tentang mengapa afiliasi adalah kita tidak perlu menyediakan 'sales support' setelah mendapatkan komisi penjualan. Semua hal termasuk produk, pengiriman, sales support, pelayanan, proses pembayaran dan hal lain sepenuhnya menjadi urusan sang empunya produk afiliasi. Jual produk sebanyak mungkin dan dapatkan komisinya sebanyak mungkin. Itu saja.

Seperti jika kita mengafiliasi produk terkenal seperti dari Amazon dan Clickbank misalnya, tidak perlu membuat artikel canggih untuk promosi produk tersebut. Alasannya karena produk itu sudah diketahui banyak orang baik kualitas dan pelayanan secara menyeluruh. Seperti contoh kita berafiliasi dengan Amazon untuk menjual iPads misalnya, Kita tidak perlu membuat review tentang iPad agar orang tertarik membelinya. Orang2 akan dengan sendirinya mengetahui tentang iPads. Disini setidaknya lebih dari 50 persen upaya marketing sudah beres.

Memulai Bisnis Afiliasi dengan menjadi Affiliate Marketer
Memulai bisnis afiliasi nyaris sangat sangat mudah. Ketika sudah menemukan produk yang mau diafiliasi, kita tinggal masuk saja ke website berkaitan dan baca petunjuk disana. Biasanya, untuk menjadi partner afiliasi, kita hanya membutuhka sign up untuk program afiliasi tersebut dan selanjutnya akan mendapatkan link (khusus) afiliasi kita kemudian taruh link di website, blog atau dimana saja kita bisa menaruh link. Link khusus itu berguna agar pemilik produk mengetahui apabila terjadi penjualan dari link kita, sehingga pemilik produk akan memberikan komisi kepada kita.

Langkah selanjutnya setelah mendapat link dan menaruh di website atau blog adalah mendatangkan traffic atau pengunjung sebanyak mungkin dan mengarahkan pengunjung ke lini afiliasi kita. Mendatangkan pengunjung (traffic) inilah yang terberat dalam semua bisnis online termasuk di dalamnya affiliate marketing. Banyak cara untuk mendatangkan traffic ini seperti :
  • Membuat posting tentang hal berkaitan dengan produk afiliasi kita.
  • Menggunakan Google Adwords (tidak gratis)
  • Mengirim email berisi link afiliasi (bisanya menggunakan layanan autoresponder baik yang gratis maupun yang tidak gratis) Rekomendasi: Gunakan autoresponder yang tidak gratis.
Secara singkat, kenapa bisnis afiliasi cocok untuk pemula adalah karena ini yang termudah dalam hal memulai bisnis online. Yang perlu dilakukan adalah memilih produk untuk diafiliasikan, mendapatkan link afiliasi, raih penjualan sebanyak mungkin dan dapatkan pendapatan bisnis online. Penting untuk diperhatikan dalam mengafiliasi sebuah produk, hati hatilah dan pastikan program tersebut bukan penipuan yang biasanya bukan menipu pembeli tetapi juga menipu kita sebagai marketer mereka.

Artikel afiliasi berkaitan:

3 komentar:

  1. Thanks boz infonya..,sangat membantu untuk para pemula, salam spirit..!

    BalasHapus
  2. jadi tambah mudeng dan tahu bisnis afiliasi itu seperti apa? thank for share..

    BalasHapus
  3. terima kasih sudah berbagi... mengikuti afiliasi memang gampang-gampang suSah :) dan memang menarik untuk dipelajari :)
    Salam kenal dan sukses untuk Anda

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.