September 02, 2010

Hal Penting dalam Website Internet Marketing

Banyak hal penting harus diperhatikan secara cermat dalam internet marketing. Salah satu yang terpenting adalah traffic pengunjung. Berapa banyak jumlah pengunjung dalam sehari? Termasuk hal sulit dan berat bagaimana mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke dalam website. Berikut ini beberapa hal penting dalam internet marketing:

Analisa dan lacak trafik yang datang
Penting sekali untuk melakukan analisa dan pelacakan terhadap traffic pengunjung yang datang ke website. Ini bertujuan untuk mengetahui dari mana asal traffic dan pada hal apa yang paling menarik di website yang paling banyak didatangi pengunjung. Seorang internet marketer sukses tahu benar dari mana pengunjung mereka dan apa yang paling disukai oleh pengunjung dalam website mereka.

Dengan modal data itulah mereka membuat keputusan tentang hal hal dalam website, bagian mana yang harus dilanjutkan dan bagian mana yang tidak perlu karena tidak bekerja dengan baik. Hal ini hanya bisa dilakukan bila ANda menganalisa dan melacak traffic dengan cukup baik. Banyak pengelola bisnis internet tidak melakukan hal ini, sehingga kadang apa yang terus mereka perjuangkan adalah sesuatu yang tidak banyak disukai oleh kebanyakan pengunjung mereka. Dan justru apa yang paling banyak disukai pengunjung, justru terabaikan.

Link Exchange sebagai alat popularitas website
Salah satu dari sekian banyak manfaat bertukar link, adalah untuk keperluan popularitas. Penting untuk dicatat bahwa jangan bertukar link dengan website pesaing produk dan jasa secara langsung. Cari website yang bertema sama tetapi tidak sama persis dalam produk dan jasa. Banyak orang berpendapat merupakan gengsi tersendiri bila mendapatkan pengunjung dari link di situs lain. Hal ini tidak berlebihan, karena seharusnya memang sebuah website yang memasang lini website lain, hampir seperti sebuah rekomendasi atau anjuran untuk mengunjungi sebuah link.

Manfaat penting lain dalam lik exchange adalah untuk keperluan mesin pencari dan SEO. Kita tahu bagaimana peringkat halaman web ditentukan oleh banyaknya link yang mengarah ke dalam dari website lain. Ini dinilai oleh mesin pencari sebagai sebuah popularitas untuk penentuan posisi hasil pencarian. Kita juga tahu bagaimana PageRank bekerja, semakin banyak link ke arah kita, maka PR akan semakin tinggi, dan posisi peringkat di mesin pencari seharusnya semakin tinggi. Satu hal penting dalam link exchange adalah perhatikan relevansi. Banyaknya link yang masuk tetapi tidak mempunyai relevansi, mungkin akan meningkatkan PR, tetapi tidak bermanfaat untuk peringkat di mesin pencari. Sehingga kita sering lihat banyak website dengan PR tinggi namuan tidak banyak mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Jangan abaikan hal sepele dalam website
Hal sepele dalam website atau blog? apa maksudnya. Adalah hal hal kecil seperti berat loading halaman, grafik, widget, dan lain sebagainya. Coba untuk lebih mengerti terhadap pengunjung. Apakah iklan-iklan PPC dengan 'popup' yang membabi buta, tidak mengganggu pengunjung Anda? Apakah widget pemutar musik benar-benar berguna untuk pengunjung Anda? Apakah navigasi dalam website Anda mudah untuk dinavigasi? Adakah kira kira sesuatu yang tidak disukai oleh pengunjung? dan pertanyaan pertanyaan semacamnya.

Hal ini sebetulnya sudah termasuk dalam teknik optimasi mesin pencari atau SEO. Bagaimana membuat sebuah blog atau website yang mudah dinavigasi, tidak banyak widget yang tidak berguna dan hanya membebani loading website, pemilihan background dan warna tulisan yang cocok sehingga tulisan enak saat dibaca dan lain sebagainya.

Banyak orang mengabaikan hal-hal kecil tersebut. Saya akan mencontohkan beberapa bagian blog atau website yang sama sekali tidak bersahabat dengan pengunjung, antara lain: Terlalu banyak iklan banner, terlalu banyak iklan PPC, Iklan popup yang membabi buta, widget musik live, gambar bergrafik berkururan besar untuk website atau blog biasa yang tidak ada hubungannya dengan grafik, dan masih banyak yang lainnya.

Tentu saja semua orang berbeda pendapat tentang hal hal kecil seperti widget dan efek grafik yang digunakan dalam blog atau website mereka. Terkadang mereka punya alasan sendiri tetapi tidak memperhatikan pengunjung mereka. Sepertinya mereka membuat website atau blog hanya untuk kesenangan mereka sendiri dan tidak memperhatikan 'kesenangan' pengunjung mereka.

Melakukan tracking dan analisa pengunjung dan traffic, tukar link dan perhatikan hal hal sepele dan kecil. Itulah beberapa dari hal-hal penting dalam website internet marketing. Mungkin tidak begitu sulit untuk melakukan ketiga hal di atas, tapi seperti biasa, kadang hal yang mudah justru terabaikan.

Artikel berkaitan:
=============================
>> Pilih jenis bisnis online paling cocok untuk monetize blog Anda
>> Penyebab gagal menghasilkan uang dari blogging
>> Cara-cara menghasilkan uang dari internet
>> Kapan saatnya monetizing blog?
>> 6 cara gratis dapat backlink berkualitas
--------------------------------------------
>> Bagaimana Google menentukan PageRank (PR)
>> Riset kata kunci untuk posisi lebih baik di mesin pencari
>> High quality link and high quality visitor
>> 30 cara strategi link building
>> 3 (tiga) macam teknik SEO

4 komentar:

  1. Wah Gan, tulisannya berbobot semua...jadi nambah banyak pengetahuan ne tentang SEO dan segala tantangannya, ane tertarik nih ma artikel Agan, ane feed ya, oia untuk menganalisa traffic yang datang ke web kita apakah dengan menggunakan awstat yang udah ada di cpanel itu sudah dapat mewakili atau belum, atau kita perlu melacak dengan fasilitas pelacak lainnya?thanks ya sharingnya..

    BalasHapus
  2. Terimaksh komentarnya dan apresiasinya ...
    Jangan berlebihan Gan...artikel di Blog saya gak ada yg berbobot kok, biasa aja.. buktinya jarang yg komentar..:D..

    BTW..untuk urusan analisa dan segala yg berhubungan dg website (bisnis), menurut banyak pakar IM, Google analiticsGoogle analitics Gan jawabannya..silahkan

    BalasHapus
  3. info yang sangat bermanfaat

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.