Juli 23, 2010

6 cara gratis dapat backlink berkualitas

Kenapa backlink berkualitas? Search engine masih menguasai hampir lebih dari 80% traffic di internet. Ini adalah satu cara paling populer bagi banyak orang untuk menghasilkan uang melalui internet dengan memanfaatkan mesin pencari. Setidaknya ada 3 mesin pencari besar saat ini, yakni Google, yahoo dan live (MSN). Bayangkan mempunyau satu keyword atau frasa keyword bagus dan mempunyai posisi bagus di mesin pencari Google, Yahoo dan MSN, sudah pasti traffic datang berlimpah dan yang lebih penting seharusnya pengunjung dari mesin pencari adalah pengunjung target sesuai kata kunci Anda .

Pertanyaannya adalah, bagaimana kata kunci kita bisa punya posisi bagus (top rangking) di mesin pencari?. Berbicara mengenai posisi mesin pencari tentu saja bicara mengenai search engine optimization atau kita sering dengar populer dengan istilah SEO. Banyak hal yang mempengaruhi posisi kata kunci kita di mesin pencari dalam SEO, dan salah satu hal penting tersebut adalah backlink. Perlu diketahui minimal ada dua macam backlink, yakni backlink berkualitas dan backlink tidak berkualitas. Nah backlink yang berkualitaslah yang dapat mendobrak posisi kita di search engine. Bahkan beberapa webmaster mengatakan kalau backlink adalah idola dan favorit Google.

Lalu bagaimana mendapatkan backlink berkualitas? Secara singkat ini adalah backlink yang datang dari situs yang sepaham (topik sama) atau setidaknya topik berkaitan. Disini ada dua macam cara mendapatkan backlink, yakni pertama; dengan membayar atau membeli backlink melalui situs2 layanan  jual beli link. Jika tidak mau membayar maka alternatif kedua adalah backlink dari search engine. Dan untuk mendapatkan backlink dari search engine kita butuh posisi bagus di mesin pencari. Lalu bagaimana bisa mendapatkan backlink dari search engine? disinilah dibutuhkan ribuan backlink berkualitas. Inilah beberapa cara yang paling banyak digunakan oleh webmaster dan internet marketer sukses:

Submit artikel ke direktori artikel
Inilah salah satu cara paling efektin ketika bicara so'al backlink. Submit artikel ke article directory terkenal. Pastikan saja artikel berkualitas dengan tata bahasa bagus. Kebanyakan direktori artikel tentunya mengijinkan 1 sampai tiga link dofollow lengkap dengan anchor text yang kita inginkan. Disinilah kita manfaatkan untuk sebanyak mungkin menaruh link url dengan anchor text kata kunci kita tentunya. Semakin banyak artikel tersubmit dan dipublish, semakin banyak backlink kita dapat, seiring dengan banyaknya link link dan anchor anchor kita di sana.

Sumbit blog atau website ke direktori online
Banyak sekali situs situs untuk directory submission, cari aja di Google search. Pastikan submit blog atau website ke kategori yang tepat. Artinya harus ke dalam kategori yang sesuai dengan topik niche Anda. Sebagai contoh, jika blog tentang bisnis online, ya submitnya ke kategory bisnis onine atau bisnis internet atau apapun yang bermakna sama. Pastikan tulis selengkap mungkin dalam deskripsi yang menarik dan penuh dengan kata kunci Anda dan juga dengan anchor text pula.

Gunakan forum dengan serius
Banyak sekali forum di internet, baik yang lokal terlebih yang international. Banyak website membuktikan mereka banyak mendapat traffic dari forum forum selain juga backlink. Tetapi perlu diperhatikan usahakan untuk aktif dalam forum di website yang sudah mempunyai PR tinggi. Beberapa orang mengatakan minimal PR 4. Selain itu pastikan forum yang Anda gunakan adalah forum yang bertema sama pula, jangan sampai website Anda tentang bisnis onlie dan forum Anda tentang bercocok tanam yang baik dan benar misalnya. Posting secara rutin di forum, dan jangan lupa tancepkan link dan anchor text disana. Jangan berlebihan dan jangan SPAM jika tidak ingin ditendang oleh adminnya. Perhatikan pula aturan aturan dalam forum tersebut.

Social bookmarking
Banyak terdapat situs social bookmarking dan sharing saat ini. Kebanyakan situs social bookmarking menggunakan sisten 'tagging', Jadi pastikan gunakan keyword yang Anda inginkan dalam tag tag yang ada. Dan satu yang penting adalah pastikan social bookmarking yang Anda gunakan adalah DOFollow dan bukan NOFollow. Karena jika Nofollof tetap saja bagus untuk keperluan traffic tetapi tidak jika untuk backlink.

Tukar link sesama
Tukar link selama ini masih menjadi favrit banyak orang untuk urusan backlink meskipun sudah banyak cara cara lain yang bisa di tempuh. Cari website yang sepaham, minta adminnya untuk bertukar link dengan Anda. Jika beruntung disetujui backlink pasti datang. Penting untu diperhatikan tentang website atau blog yang sepaham dengan Anda dan usahakan sudah mempunyai PR tinggi. Ini bisanya menjadi kendala karena mereka biasanya tidak mau bertukar link dengan Anda karena PR Anda yang lebih rendah dari PRnya. Meskipun demikian sebenarnya tetap bagus untuk dia, karena situs sebesar Google bahkan masih butuh backlink. Jika demikian ada cara lain untuk mendapatkan backlink dari mereka dengan point berikut ini,

Kirim artikel sebagai penulis tamu (blog guest post)
Jika mereka menolak untuk bertukar link karena berbagai alasan, perhatikan apakah website yang anda inginkan backlinya, membuka gust post? Nah disinilah Anda harus beraksi. Segera kirim artikel Anda ke sana dan jika beruntung disetujui, backlink bagus dan berkualitas siap Anda panen. Kebanyakan website atau blog yang membuka backlink tentunya mengijinkan untuk menyertakan link link dalam artikel dengan anchor text pula tetapi tetap ada batasannya. Nah gunakan kesempatan ini untuk keperluan backlink Anda.

Itulah beberapa cara yang banyak dilakukan ketika berbicara backlink yang berkualitas. Dapatkan backlink untuk perbaiki posisi di mesin pencari. Percayalah, dalam dunia SEO jikapun Anda mempunyai kualitas konten bagus, tetapi Anda kalah dalam backlink, posisi url Anda di mesin pencari akan ditaruh di entah berantah. Kita kadang bisa melihat banyak website berada di urutan pertama search engine hanya karena bagus dalam backlink, dan tidak benar benar sesuai dengan kata kunci pencarian.
__________________________________________________
Artikel berkaitan:
>> Tips membangun link (link building)
>> High quality link and high quality visitor
>> 30 cara strategi link building
>> 3 (tiga) macam teknik Search Engine Optimization (SEO)
>> 54 tempat submit artikel

12 komentar:

  1. bener banget tuh, 6 tips yg ampuh :D

    BalasHapus
  2. ohh..
    bgitu ea...
    klau untuk social bookmarking cara taw dofollow atau gag gmana?
    mklum...hehehehe..

    BalasHapus
  3. Oh, ternyata ada caranya. Beruntung sekali bisa nemu blog ini. Kebetulan saya blogger newbie yang lagi mendalami soal SEO, jadi beberapa kali saya mampir ke sini tapi cuma jadi ninja doang, ga komen apa-apa. Ada beberapa artikel di blog ini yang sangat membantu saya. Oyah, saya sudah pasang link blog ini di sini. Kalau boleh, saya ngajak tukar link. Karena saya juga membahas topik yang sama. Makasih...

    BalasHapus
  4. RISTY: Thank kunjungan dan komentarnya.
    Soal tuker link ok. Saya sudah pasang juga di SINI. thank

    BalasHapus
  5. wah boleh juga nih...
    mas tukeran link yuk...
    saya tunggu yah konfirmasinya

    BalasHapus
  6. iya betul Gan, semua yang agan sampaikan berbobot semua, terimakasih atas ilmunya, sangat membantu sekali, oia blog walking ku g dimasukkan ya gan

    BalasHapus
  7. nice info...
    http://komikblaze.blogspot.com

    BalasHapus
  8. wah info yang bagus nih...mas tukeran link yuk sama blog ane yang:
    http://gratiss-gratiss.blogspot.com/
    sama
    http://esa-barker.blogspot.com

    di tunggu yah konfirmasinya...
    terima kasih

    BalasHapus
  9. Resa : Makasih kunjungannya...TAPI tukeran link di blog ini saya masukin di rel="nofollow"> link ini. Punya saya boleh ditaruh dimana aja dech.

    BTW: kalo boleh saya minta e-mailnya mas..saya ada perlu sedikit "serius!!". atau kirim e-mail ke saya furqonblumah@gmail.com

    BalasHapus
  10. bisa gak satu artikel didaftarkan dibeberapa article directory?

    jasa pindahan

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.