Agustus 03, 2010

Kapan saatnya monetize blog kau?

Monetize blog atau mejadikan blog sebagai penghasil uang di bisnis online, siapa yang tidak mau? Dilapangan banyak kita melihat blog blog yang penuh dengan aroma monetize, baik itu PPC, PTC, bahkan kadang afiliasi seperti Amazon dan clickbank atau kadang publisher Google AnSense malah. Posting kali ini saya akan coba tulis sedikit tentang kapan saatnya kita monetize blog kita.

Apakah blog Anda sudah mempunyai brand?
____________________________________________________________
Apa brand blog yang Anda usung. Branding dianggap sangat penting oleh banyak Internet Marketer, karena tanpa branding  blog yang jelas, hanya akan menyia nyiakan waktu untuk terus blogging dan jelas tidak mempunyai arah dan target. Bisa dibayangkan umpama jika kita hanya berjalan terus tanpa tujuan? sampai dimana kita akan berjalan? apa sampai kelelahan sampai akhirnya berhenti karena kelelahan?. ya pasti itu jawabannya.

Oleh karena itu sekali lagi sangat penting untuk membuat brand pada blog. Brand ini adalah bendera besar dengan tulisan nama Anda. Jika bendera berkibar itu berarti anda sudah dikenal, dan inilah yang kita sebut dengan brand. Bagaimana bisa mengibarkan bendera dan membuat Anda dikenal? jila benderanya saja belum punya?.

Ini bertujuan agar langkah dalam blogging mempunyai tujuan. Dan jika blogging sudah mempunyai arah tujuan yang jelas, maka seharusnya jelas pula jalur yang akan ditempuh sesuai dengan peta arah. Jika blog belum punya brand, tentu belum punya arah dan tujuan, lalu apa yang ada di website atau blog seperti itu. Hanya kebimbangan arah, atau mungkin secara singkat ini adalah blog yang tidak jelas. Apa blog seperti ini sudah waktunya untuk monetize?.

Apakah Blog Anda sudah cukup traffic
____________________________________________________________ 
Jika blog yang sudah cukup mempunyai traffic, setidaknya sudah mempunyai modal untuk monetize. Cukup traffic ini bisa berarti banyak hal. Blog dengan banyak traffic bisa karena sudah banyaknya artikel terposting dan terindek di mesin pencari sehingga banyak mendapat kunjungan dari mesin pencari, bisa juga karena banyaknya teman dan subsriber yang merasakan manfaat dari mengunjungi Blog Anda, sehingga mereka merasa membutuhkan untuk mengunjungi setiap hari.

Blog baru maupun lama dengan visitor yang sangat sedikit, terlebih lagi jika tidak atau belum mempunyai arah yang jelas, dan ini juga berarti tidak ada brand disana, apa sudah saatnya untuk dimonetize?


Apakah blog Anda sudah mempunyai niche yang jelas?
____________________________________________________________
Persis seperti branding, niche juga sangat penting dalam monetizing blog. Niche dalam hal ini bukan seperti niche yang biasa dikaitkan dengan bisnis online besar seperti pemasaran afiliasi di internet. Niche pada blog (microblog) hampir mirip seperti brand di atas, tetapi niche lebih kepada arah dan target pasar Anda. Seperti jika Anda berencana untuk memancing ikan, Anda tentunya menyiapkan pancing, umpan dan Anda pergi ke laut atau tambak atau dimana ada ikan yang biasa dipancing.. Anda salam jika ingin memancing ikan kemudian Anda menyiapkan cangkul dan sabit lalu Anda pergi ke ladang.

Niche, sering dihunungkan dengan bisnis afiliasi. Dimana blog atau website yang digunakan untuk memasarkan afiliasi sebuah produk, akan lebih bagus jika mempunyai brand, traffic dan pengunjung yang tertarget sesuai dengan produk afiliasi yang dijual. Itulah niche. Meskipun sebenarnya blog yang sudah mempunyai niche tentu lebih bagus bukan hanya untu afiliasi saja. Adalah pembicaraan yang panjang jika membahas tentang niche.


Apakah blog sudah mempunyai pengunjung yang Anda targetkan?
____________________________________________________________
Ini tentu saja untuk blog yang sudah punya arah dan target. Bagaimana mempunyai pengunjung yang ditarget jika target saja belum punya?. Nah lho..Jika sudah mempunyai target jelas, baru bicara cara mendatangkan pengunjung sesuai target. Dengan SEO lah, dengan PPC lah atau dengan salesletter lah. Pengunjung yang tertaget inilah yang berpotensi untuk kita. Sementara pengunjung yang tidak tertarget itu berarti pengunjung nyasar yang kebanyakan mereka tidak akan datang lagi kecuali mereka kesasar lagi.

Pengunjung yang tertarget akan lebih banyak membuka kemungkinan mereka menjadi pengikut atau bahkan pelanggan bisnis Anda. Dan sebaliknya pengunjung yang nyasar dan tidak tertarget mereka tidak akan tertarik dengan blog Anda dan apapun yang coba tawarkan dalam blog Anda. Jika blog atau website belum mempunyai traffic yang cukup dan tertarget, bagaimana cara monetize nya?.
____________________________________________________________ 
Keinginan untuk monetize blog, biasanya menjadikan blog blog baru yang penuh dengan iklan iklan dan kadang tawaran penjualan. Perlu diketahui bahwa menjual di Internet tidak semudah teori yang ada. Seperti teori ini juga sama. Belum mempunyai ke 4 hal di atas, kemudian nekad monetize blog, bisa dipastikan, buang buang energi!.

Namun demikian terus belajar, jaga semangat dan kerja keras tetap menjadi "secret weapon" paling ampuh di bisnis online.

Artikel berkaitan:
===============================
>> Ngobrol seputar cara terbaik memulai bisnis online
>> Mulai dengan merancang arah blogging Anda
>> Pilih jenis bisnis online dengan menyesuaikan traffic blog
>> Penyebab gagal menghasilkan uang dari blog
>> Cara riset kata kunci untuk posisi lebih baik di search engine
>> Macam jenis pemasaran dalam bisnis online internet

5 komentar:

  1. blogku hasil copaz kang, pengunjungnya jg sedikit. Ada banner jg itu buat mempercantik tampilan .

    BalasHapus
  2. Untuk awal dan belajar cukup bagus lah SOb, yang penting kan tidak terus begitu? seiring dg waktu ngeblog seharusnya kan ilmu bertambah juga.

    Soal banner untuk mempercantik blog boleh saja. cuma kalau saran saya mending dikosongin dan gk usah pasang dulu karena tidak akan ada benefit sama sekali. Tanpa banner kan blog jadi lebih enteng, jadi lebih 'berteman' juga sama search engine...

    BalasHapus
  3. Dengan membaca blog Anda,sangat menambah wawasan saya sebagai newb, setiap posting Anda sangat bermanfaat. Sy sedang belajar spy bisa seperti Anda. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. sangat setuju sekali dengan tulisan di atas, 4 hal itu sangat penting, banyak yang melupakan hal itu, blog punya trafic pengunjung lumayan sedikit langsung dijejali dengan iklan seabreg, review disana-sini, jual link, dll. akhirnya membuat blog langsung anjlok. padahal kalo mau lebih sabar tentu lebih baik, kalo trafic sudah tinggi jangan cari uang...uang yang akan datang sendirinya, dan kita bisa pasang harga tinggi setiap iklan yang dipasang... lam kenal buat pemilik blog

    BalasHapus
  5. wah, bener juga ya ts. thanks atas pencerahaan nya. main main ke blog saya ya, lamhotsiahaan.blogspot.com

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.