Agustus 01, 2010

Ngobrol Seputar Cara Terbaik Memulai Bisnis Online

Bagaimana cara terbaik memulai bisnis online? rasanya tidak ada habisnya dan masih menarik untuk diobrolkan. Bagaimana cara tersebut tentu saja berbeda beda sangat tergantung dari sudut mana cara tersebut dilihat. Ironisnya banyak informasi di Internet yang tidak obyektif pula, karena kepentingan untuk keuntungan tertentu. Meskipun demikian sebanarnya banyak pula yang berbagi informasi obyektif dan independen.

Fakta yang saya lihat di lapangan, Pertama; kebanyakan orang memulai dengan membeli produk2 semacam uang instant, sistem uang otomatis, skema uang cepat dan lain sebagainya. Tapi tidak membutuhkan waktu lama rupanya untuk membuktikan bahwa sistem dan skema semacam itu tidak bekerja dengan baik, bahkan mendekati saja tidak. Akhirnya banyak kita dapati tulisan tulisan kekecewaan dengan sistem semacam itu. Hal ini menjadi sangat ironis karena bagaimanapun ternyata sampai saat ini bisnis periklanan internet seperti PPC masih didominasi oleh produk produk semacam itu. Bahkan PPC berkelas seperti Google AdSense sekalipun.

Jika selama ini tidak banyak yang berhasil di bisnis ini, lalu apakah ini termasuk bisnis SCAM atau penipuan?. Menurut saya pribadi sih bukan sebenarnya, karena disana memang tidak ada unsur unsur penipuan secara langsung. Hanya saja memang selalu sama, bahwa yang gagal lebih banyak, bahkan setelah mengikutinya selama bertahun tahun. Orang orang mengikutinya biasanya karena 'tersihir' oleh tulisan pembuktian dan testimoni dalam minisite-minisite, meskipun tidak jarang pula pembuktian dan testimoni tersebut adalah tidak benar adanya. FAKE!

Kedua; Banyak orang pula yang memulai bisnis online dengan mencari informasi di internet, dan akhirnya sampai pada salah satu website tentang membuat blog. Lalu mereka mulai dengan blogging, sedikit belajar tentang otak atik HTML untuk mempercantik tampilan blog. Kemudian paling umum kemudian mereka bergabung dengan ppc lokal dan mereka mulai monetize. Ada pula yang mencoba keberuntunga di paid to click yang akhir akhir terbukti banyak yang SCAM. Atau mencoba mengafiliasi beberapa produk dan bahkan ada yang membuka kolom periklanan. Pada akhirnya setelah bertahun tahun pula banyak yang merasa tidak mendapat apa-apa? Berapa Rp. yang didapat dari PPC lokal selama 1 tahun?pernahkan menghasilkan penjualan dalam afiliasi? atau mungkin berapa sih yang didapat dari ikutan PTC?.

Saya yakin hanya ada beberapa website atau blog saja yang benar-benar menghasilkan dari jenis-jenis bisnis online di atas. PPC lokal misalnya, penting untuk diperhatikan berapa jumlah visitor blog Anda dalam sehari yang dibutuhkan untuk mendapatkan cukup banyak klik dari ppc lokal? 1000 visitor cukup?. Berapa penghasilan dari PPC dengan kebiasaan buruk 'tukeran klik'? Anda bisa bertukar klik 100 kali dalam sehari?Dan sampai kapan Anda bertahan seperti ini? apakah inilah bisnis online yang Anda pahami dan Anda memutuskan untuk mengandalkannya sebagai sumber penghasilan Anda?. Don't waste Your time, please!! Cara ini juga termasuk cara yang tidak mendidik dan curang.

Fakta website atau blog yang benar-benar menghasilkan
___________________________________________________________________
Untuk menghasilkan dari PPC, faktanya dibutuhkan minimal 500 pengunjung perhari dan minmal 1000 pageview dalam sehari. Itupun hasilnya tidak seberapa. Tidak peduli sebagus apapun trik yang dipakai untuk meningkatkan CTR, sia sia saja jika pengunjung masih sangat sepi.
___________________________________________________________________
Untuk menghasilkan dari Google AdSense, faktanya dibutuhkan banyak traffic juga, malah lebih sulit lagi harus banyak traffic dari mesin pencari atau subscriber, rawan click fraud (untuk wilayan kita). Kendala menulis dalam Bahasa International (English), dan juga susahnya bersaing dengan banyaknya situs niche pemain AdSense yang lain, sehingga membutuhkan kemampuan extra dalam SEO.

Jika memilih untuk menggunakan cara mendapatkan traffic dengan membeli (paid traffic) faktanya dibutuhkan banyak biaya untuk ikut sebagai advertiser PPC. Setahu saya untuk satu keyword paling murah dan niche paling murah sekalipun, tetap membutuhkan budget ratusan ribu rupiah perharinya. Ini artinya ada investasi cukup besar dengan hasil yang belum tentu juga. Kalau menurut banyak orang sih biasanya tetap untung katanya.
___________________________________________________________________
Untuk menghasilkan dari kotak iklan, faktanya dibutuhkan pengunjung lebih dari 1000 perhari, dan mempunyai niche yang jelas. Sehingga adversiter tertarik untuk memasang iklan dan memastikan pasang iklan pada blog atau website yang sesuai dengan target pasar mereka.

Saya akan mencontohkan sebuah niche blog terkenal yaitu kolom tutorial blogger atau familier kita kenal sebagai Blog Kang Rohman. Blog tersebut jelas punya niche dan target pasar. Nichenya adalah tutorial membuat blog dan segala keperluannya. Siapa target pasar disana?. Pengunjung disana kebanyakan orang yang sedang ingin membuat blog atau kita sebut saja newbie, atau orang yang sedang mencari tutorial tentang blog. Blog tersebut juga mempunyai posisi pertama di mesin pencari dengan kata kunci 'tutorial blog' dan kata kunci semacam lainnya. Semua hal diatas membawa blog tutorial tersebut menjadi blog dengan pengunjung ribuan perhari dan pageview yang mencapai 10.000. Tentu saja rangking alexa juga sangat-sangat bagus. Sekarang sudah tahu kan, kenapa banyak orang yang antre untuk pasang iklan disana?
___________________________________________________________________ 
Untuk menghasilkan dari afiliasi, faktanya sangat sulit menjual produk afiliasi jika hanya mengandalkan blog. Sudah bisa dipastikan akan kalah dengan yang menggunakan senjata salasletter, atau kadang menggunakan website sendiri untuk menjual sebuah produk afiliasi. Lebih susah lagi afiliasi tidak saja butuh traffic yang melimpah, tetapi juga butuh semua elemen IM yang ada. Mempromosikan produk afiliasi hingga menghasilkan penjualan jauh berbeda sama sekali dengan pasang kota iklan atau PPC.

Fakta pula untuk mencoba ikut dalam gelombang afiliasi tentu harus mempunyai alat alat pemasaran internet yang ada dan terus berkembang. Seperti contohnya Anda butuh sebuah akun pada website autoresponder, kemudian Anda harus mensettingnya di website atau blog Anda, dan Anda harus banyak mendapatkan subscriber dari sana. Proses panjang dan butuh investasi yang lumayan juga disini.
___________________________________________________________________
Dengan tanpa mengesampingkan fakta fakta di atas, fakta pula bahwa jika website atau blog Anda mempunyai puluhan ribu pengunjung perhari, dan tentunya ratusan ribu pageview, tidak masalah apa isi blog Anda, niche, yang pasti akan sangat mudah untuk di monetize. Apa kesimpulannya? TRAFFIC. Bagaimana jika kita mulai membangun bisnis online ini dengan konsentrasi pada membuat blog bermanfaat, sambil mencari niche dan market dan yang pasti membangun traffic? Tentunya dengan cara cara yang berdasar pada nalar dan sistem. Jika ada yang menawarkan Anda sebuah ebook yang menjanjikan pengunjung naik drastis menjadi puluhan ribu pengunjung perhari dari yang tadinya 100 an saja, apa Anda percaya dan akan membelinya?. Kalau saya pribadi tidak.

Mulai dengan mindset yang benar, buatlah website atau blog, isi dengan yang manfaat, datangkan traffic sebanyak mungkin, sabar melalui semua proses,  konsisten posting, gunakan pengetahuan tentang SEO, gunakan tips yang ada, kalau perlu gunakan semua media internet marketing, tetap semangat serta jangan lupa segera BERTINDAK!. Bagaimana menurut Sobat Blogger semua..?

Artikel berkaitan:
_________________________________
>> Menjaga semangat dalam bisnis online
>> Macam marketing dalam bisnis online internet
>> Penyebab kegagalan dalam menghasilkan uang dari blogging
>> 8 cara tingkatkan traffic blog
>> Learning by doing success motivation
>> Hampir bayaran, akun Adsense malah diban. Kenapa?

2 komentar:

  1. Kaya ditampar rasanya baca posting ini..harus mulai bangun dari tidur nih kayaknya

    BalasHapus
  2. nice share gan :) kunjung2 blog ane juga ya http://indonesiacules.blogspot.com

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.