Februari 05, 2010

Hampir Bayaran, AdSense Ditendang...

Google AdSense. Siapa yang tidak mengenalnya? mungkin bahkan semua memimpikannya sebagai salah satu sumber pendapatan dari bisnis online internet. Tidak ketinggalan pula para pelaku internet marketing di Indonesia. Jenis sumber money from home yang ini memang menggiurkan.

Bayaran Dollar US, dikirim lewat check atau Western Union, hmm...pasti menyenangkan. Cerita cerita orang orang yang sukses juga begitu membuat pelaku bisnis internet baik yang menggunakan domain gratis seperti blogger dan wordpress maupun yang menggunakan domain berbayar ingin ikut menikmati manisnya money from home dari AdSense ini.

Wajar sekali jika kemudian pebisnis internet termasuk di Indonesia rame rame mendaftarkan diri ke AdSense. Banyak juga yang terkesan memaksakan, karena sebenarnya Google menerapkan aturan yang lumayan berat. Dan yang "beruntung" telah disetujui kemudian berusaha mati matian untuk mendapatkan klik pada PPC AdSensenya. Semua teknik SEO yang ada ditancapkan, baik yang white hat SEO, Grey hat SEO dan Black hat SEO. Digunakan pula fasilitas chatting seperti shoutmix, cbox dan lain sebagainya sebagai media untuk mendatangkan traffic dan ajakan untuk klik PPC.

Its okey...tidak masalah dengan bagaimana cara mendapatkan klik. Yang menjadi masalah adalah sebanyak apapun klik yang terlaksana pada akhirnya akan ditela'ah dengan sangat detail oleh tim AdSense Google. Ini wajar! Google tidak ingin membayar sepeserpun kepada klik yang tidak memberikan kontribusi. Itulah kenapa PPC Chitika Premium membuat aturan harus pengunjung yang datang dari mesin pencari. Apa maksudnya? Gambaran sederhananya begini;

Pemasang PPC (advertiser) di Google Adsense adalah dengan membayar, lalu, Google sebagai pihak yang dibayar bertanggung jawab untuk bukan hanya mendatangkan pengunjung dari iklan yang tampil di Google Search (yang di bagian kiri), tetapi juga bertanggung jawab mendatangkan pengunjung yang potensial yang berkaitan dengan konten si pengiklan.dengan harapan mensukseskan apapun yang ditawarkan oleh si pengiklan. Dan saya kira disitu letak kualitas PPC dibuktikan dan diperlihatkan.

Semua orang setuju jika pengunjung yang potensial datang dari mesin pencari. Dan disitu pula fungsi sebenarnya dari sebuah search engine. Search engine dalam hal ini dimaksudkan kepada Google bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang serelevan mungkin pada hasil di pencarian standar (yang bukan AdSense). Itu reputasi sebuah mesin pencari. Reputasi lebih berat untuk dijaga adalah memberikan kontribusi yang jelas kepada pengiklan (advertiser AdSense) sebagai sumber pemasukan untuk Google. Ini ada hubungan erat antara SEO Search Engine Optimization dengan sukses PPC Adsense. Disinilah pentingnya link kualitas tinggi!. Baca High Quality Link.

Banyaknya kasus seperti judul posting ini, hampir bayaran akun diban...ini tidak mengejutkan. Itu berarti satu hal semua klik yang terlaksana dianggap tidak sah oleh Google. Sesuai uraian saya tentang Adsense diatas, ada beberapa hal yang membuat klik dianggap sah oleh tim Adsense;
  • Klik dari pengunjung yang datang lewat mesin pencari dengan kata kunci tertentu
Tidak perlu dijelaskan saya kira tentang hal ini. Ini yang terberat dan ini yang paling berkualitas. Dan Google pun menjadikan ini sebagai penilaian utama dalam PPC.
Jika Web Anda memiliki 100 pengunjung saja dalam sehari yang datang dari mesin pencari dengan kata kunci tertentu (misal untuk kata kunci "dokter") lalu dengan kata kunci itu web Anda ada di halaman pertama atau kedua SERP, saya kira 10 atau 20 klik PPC AdSense pada web anda akan dianggap sah. Penjelasan yang rumit ada di dalam hal ini.
  • Page Impression
Jika pengunjung unik ada 100 perhari (datang dari mesin pencari 60 persen dan sisanya dari selain bukan mesin pencari), datang dari nomer IP yang berbeda beda apalagi kalau lintas negara, maka 3 sampai 6 klik dalam sehari akan ditolelir oleh Google.

Tidak ada rumus yang pasti mengenai hal ini, tapi dari uraian saya di atas dapat disumpulkan bahwa mesin pencari menjadi penilaian paling masuk akal berkaitan dengan sah tidak klik pada adsense dan keseimbangan antara pembarayaran yang dilakukan advertiser serta tanggung jawab mesin pencari terhadap kontribusi yang diberikan kepada advertiser sebagai konsekwensi dari pembayaran yang diterima.

Beberapa catatan berkaitan:
Tim Google AdSense biasanya akan mengevaluasi secara total sebelum memutuskan untuk mengirimkan cek ke rumah Anda. Evaluasi total meliputi reputasi web(termasuk didalamnya penggunaan teknik SEO), peringkat we di mesin pencari, konten web, popularitas web, IP pengunjung dan banyak lagi semua yang berkaitan dengan traffic. INGAT! Google mempunyai cukup data untuk mengevaluasi semua itu.

Bila dalam 1 tahun misal traffic Anda tiap bulannya 1 juta dan terus betahan selama satu tahun (kalaupun naik turun tidak begitu signifikan) Google tidak peduli lagi dengan evaluasi sebelum pembayaran!

Evaluasi total bisanya akan dilakukan pada pembayaran pertama, bila 2 hal diatas bagus, pembayaran selanjutnya tidak akan menemui masalah.

Kesimpulan
Making money from home dari AdSense memang menggiurkan, tapi ini berat. Berat bukan berarti tidak mungkin, bila kerja keras dan pantang menyerah, berat pasti teratasi dengan baik. Buat pemain pebisnis online internet di Indonesia khususnya yang bergelut di AdSense coba periksa berapa banyak pengunjung yang datang ke Anda melalui mesin pencari dengan kata kunci Anda? posisi berapa web Anda di mesin pencari dengan kata kunci Anda? berapa visitor unik dalam sehari? Jika semua bagus, sangat terbuka kesuksesan Anda dalam AdSense. Baca dan fahami TOS pada AdSense Google dengan seksama, dan jangan sekali kali menggunakan teknik black hat SEO!!

Tulisan ini jauh dari sempurna, oleh karena itu senang sekali Anda berkomentar untuk menyatakan setuju, tidak setuju, kritik, saran atau bahkan mencela atau sekedar say hello!.
Terimakasih, semoga bermanfaat..

Artikel Berkaitan:
==========================:
  1. 8 Cara Tingkatkan Pendapatan AdSense
  2. High Quality Links
  3. Chitika Premium and High Quality Links
  4. Teknik SEO Terlarang (Black Hat)
  5. Pentingnya SEO untuk Making Money Home

18 komentar:

  1. gt ya..susah jg main adsense.

    BalasHapus
  2. Google adsense memang bisnis PPC yang menggiurkan tapi persyaratannya cukup ribet....Tapi kalo semua persyaratan yang ditentukan terpenuhi baru dah mencoba jangan maen coba-coba karena resikonya besar....

    BalasHapus
  3. thanks infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. "berat bukan berarti tidak mungkin, bila kerja keras dan pantang menyerah, berat pasti teratasi dengan baik" bener-bener quote yang sempurna.

    perarutan seperti ini sebenarnya menguntungkan kita untuk terus belajar SEO. pengujung dari search engine seperti google, dsb lebih berpeluang klik iklan daripada sesama blogger.

    BalasHapus
  5. aduh, tetap semangat bro...

    saya malah blum ada pengalaman tentang adsense... :(

    BalasHapus
  6. memang agak ribet sech tapi semua itu sebanding dengan manfaat dan nilai yg kita dapatkan hehe...
    kayak tau aj ^^

    BalasHapus
  7. susah juga maen Google Adsense, tapi menyenangkan juga dengan imbalan yang setimpal dengan kerja keras untuk mendatangkan pengunjung sebanyak banyaknya, ini aja aku masuk dari blogcatalog bukan dari search engine Google.

    BalasHapus
  8. ini harus segera saya amalkan nich mas . . . thanks yak buat infonya . . .

    BalasHapus
  9. wah maksih gan atas infonya ... di tunggu info lainya....

    BalasHapus
  10. memang berat, dulu saya aja sampai hampir 2 tahun baru dapat earning pertama kali.

    Maklumlah, masih belum paham gimana membangun blog, sering gonta-ganti niche, copy paste, dan comment sembarangan.

    Intinya, kita harus tekun dan fokus, lama-lama jalan yang lebih lapang akan ketemu.

    sukses selalu

    BalasHapus
  11. Hanya satu kata'fantastis'

    BalasHapus
  12. inilah yang membuat adsense gampang2 susah.... tp nggak usah khawatir, bisa bikin akun adsense lagi kok klo masih minat main dengan adsense....

    nice post & salam kenal!

    BalasHapus
  13. Gan..April 2011 udah terima pembayara maret belum? saya lagi H2C (harap-harap cemas).. biasanyatgl 26 PIP dan 28 cair...skrng 29 april belum PIP.
    saya lihat di forum2 termasuk google kok brenti trit-nya, apa sudah issued? saya takutnya cuma saya yang blm bayaran..
    saya lihat di forum adsense lokal juga gak ada kejelasa..
    apa ada konfirmasi resmi atau bagaimana..?

    BalasHapus
  14. Tanggal 29 pagi jam 6.00 wib PIP! moga senin issued!.. sabar bro!...

    BalasHapus
  15. kemaren saya mendapat surat cinta dari google adsense yang berisi your account is disable...
    kesalah pertama...menoba melakukan klik pada iklan sendiri karena penasaran apakah iklannya bekerja dengan baik, kesalahan kedua...memberi saingan advertise di blog saya...semoga kawan kawan tidak mencoba nya...
    http://moneyour.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Trims infox ni aja bru tau koq .. Maju trus pantang mundur

    BalasHapus
  17. Waduh nih tercatat udah tanggal 26 Oktober 2011 belum PIP juga... jangan2 ngadat lagi nih gajian Oktober.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.