Agustus 09, 2010

8 Cara Tingkatkan Pendapatan AdSense

Sudah bukan rahasia jika AdSense adalah impian banyak webmaster untuk menghasilkan uang tambahan dari internet. Selain mudah untuk dijalankan, AdSense juga menjanjikan hasil yang menggiurkan. Banyak sekali orang yang sudah berubah hidupnya karena bisnis online jenis ini. Hal ini tentu tidak tanpa kesulitan, mulai dari mendaftar menjadi publisher, mencari klik sebanyak mungkin dengan cara sah, sampai akhirnya mendapat kiriman Dollar melalui chek atau Western Union.

Bagi yang belum ketrima mendaftar menjadi publisher AdSense, membutuhkan kerja extra keras, karena saat ini Google tidak semudah dulu lagi menerima pendaftaran. Dan bagi yang sudah mempunyai akun dan memasang banyak iklan di banyak blog dan website, tapi belum juga mendapat banyak klik, meskipun visitor bejibun. Berikut ini 4 cara yang menurut banyak GURU cukup terbukti untuk meningkatkan pendapatan AdSense.

Memilih format iklan AdSense
Pilih format iklan yang dalam catatan paling banyak mendapat klik dari pengunjung. Format iklan ini adalah Large Rectangle (336x280). Alasan format ini menjadi paling banyak di klik adalah, format ini mirip sekali dengan link yang biasanya ada di website atau blog. Dan pengunjung tentu saja terbiasa mengklik link link yang ada dan mereka akan merasa terbiasa mengklik iklan adsense yang mirip dengan link biasa. Malah mungkin mereka tidak mengira jika ternyata yang mereka klik adalah iklan AdSense.

Variasi warna iklan AdSense
Buatlah variasi warna yang pas. Variasi warna yang pas maksudnya adalah untuk memperkuat point satu, yaitu agar lebih terlihat link biasa dan bukan terlihat seperti iklan. Buatlah warna background iklan sama dengan background dominan website atau blgo Anda. Cari warna text yang ada linknya dengan warna link lain di website atau blog Anda. Tujuannya persis seperti point pertama.

Tempat meletakkan iklan AdSense
Letakkan unit iklan di bawah judul posting. Ini sedikit mengubah kode AdSense, yang katanya melanggar aturan Google AdSense, tapi menurut banyak webmaster tidak masalah, karena nyatanya banyak yang menggunakan tetapi tidak mendapatkan pinalty. Ini bertujuan agar iklan mudah dilihat oleh pengunjung saat pertama pengunjung masuk website atau blog Anda. Jika mereka tertarik dengan apa yang tertulis di link, mereka akan melakukan klik, meskipun mungkin mereka hanya bertujuan untuk melihat saja apa isinya.

Iklan di bagia Atas Website atau Blog
Taruh iklan di tempat paling atas dari bagian di website Anda. Misal di bawah judul utama blog. Tujuannya sama persis dengan point nomer 3 yaitu agar mudah terlihat oleh pengunjung saat pertama masuk ke halaman website. Menurut banyak webmaster ini membawa perubahan yang cukup drastis pada penghasilan Adsense mereka.

Tidak perlu berlebihan
Jangan terlalu banyak menampilkan iklan di setiap ruang kosong di blog Anda. Ini akan membuat blog atau website penuh dengan link. Terlalu banyak link AdSense secara teori seharusnya semakin banyak membuka peluang untuk di klik. Tapi nyatanya hal ini justru mengakibatkan minimnya klik, sehingga earning menurun.

Lakukan riset
Lakukan riset secara berkala, maksudnya begini. Misal hari senin ANda pasang iklan panjang di samping kiri dan iklan 336x280 di samping kanan, biarkan dan lihat hasilnya dalam satu minggu ata dua minggu. Lihat mana yang paling banyak menghasilkan klik, pertahankan dan segera pindah ke lokasi lain untuk yang tidak menghasilkan klik. dan begitu seterusnya.

Tingkatkan kualitas konten
Kualitas artikel, termasuk keunikan artikel juga berpengaruh terhadap earning AdSense. Semakin berkualitas artikel Anda sesuai niche, tentu akan menarik semakin banyak pengunjung ke website atau blog AdSense Anda. Ini juga akan berpengaruh kepada hal berikut ini

Tingkatkan upaya optimasi (SEO)
Semakin banyak artikel berkualitas dan unik tentu akan baikjuga pengaruhnya terhadap posisi Anda di mesin pencari. Dari sinilah pengunjung Anda akan datang semakin banyakdan tentu membuka peluang juga sekalin banyak mendapatkan klik dan earning.

Itulah beberapa tips meningkatkan pendapatan AdSense yang menurut catatan banyak berpengaruh terhadap earning dari Google AdSense. Sebanyak apapun website atau blog yang dimuat iklan Adsense, tetap saja penting untuk meletakkan unit iklan, dimana tempat paling potensial untuk di klik oleh pengunjung. Dan perlu diingat dengan jelas, fokuslah pada topik yang spesifik (niche) pada blog atau website Anda. Karena iklan yang akan ditampilkan oleh Google AdSense hanya iklan yang sesuai dengan konten Anda (AdSense for Content) dan tentu sesuai dengan visitor Anda. Tetap semangat, hindari klik fraud, jangan pernah klik sendiri iklan Anda, hindari black hat dan mulailah mencoba keberuntungan bisnis online dengan AdSense.

Artikel berkaitan:
==============================
>> Tips Daftar Google AdSense pakai Blogspot (bagian 1)
>> Tips Daftar Google AdSense Blogspot BERLANJUT (bagian 2)
>> Hampir bayaran, akun AdSense diban, kenapa?
>> Tips AdSense : Optimasi SEO dan permasalahannya

3 komentar:

  1. makasih sharingnya...ini adsense gw yg ke tiga mudah2an panjang umur amien
    mampir ke sini gan http://blogearningdollar.blogspot.com

    BalasHapus
  2. makasih infonya gan BERMANFAAT
    http://laveciasignora.blogspot.com/

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.