Juli 22, 2010

Mulai dg merancang arah blogging Anda

Banyak orang menganggap bahwa memulai bisnis online adalah dengan membuat sebuah blog atau blogging. Benar tapi bukan hanya itu saja dan banyak hal perlu diperhatikan jika memang membuat blog untuk tujuan bisnis online. Membuat blog untuk tujuan making money online tentunya bukan seperti kebanyakan blog yang sering kita dapati yang kebanyakan isinya adalah hal hal yang bersifat umum seperti 'laporan' kegiatan harian, cerita keluarga dan lain sebagainya. Nah disini menjadi penting untuk mulai blogging dengan merancang arah tujuan kemana blog kita akan berjalan. Rancangan ini nantinya akan sangat berguna dalam perkembangan blog sesuai dengan arah tujuan tersebut, dan konsen pada topik konten sesuai niche market, serta pengaruhnya terhadap posisi blog di mesin pencari yang juga berkaitan dengan SEO atau search engine optimization..

Sebelum membahas mulai blogging dengan merancang arah, saya akan sedikit melihat ke wilayah blogosphere yang terdapat banyak masalah jika memang aktifitas bloggingnya untuk tujuan menghasilkan uang dari internet. Beberapa fakta tersebut adalah pertama; banyak blogger yang memulai blogging dengan serampangan, copas sana sini, topik utama tidak jelas dan tentunya arah yang tidak tentu pula. Hal ini sangat wajar dan mungkin dialami oleh semua pemula, karena mereka pemula kebanyakan belum tahu pasti seperti apa sih seharusnya membuat blog yang untuk bisnis online itu?. Tapi itu ukup bagus untuk pemula dan mulai belajar blogging.

Kedua; banyak blogger yang masih terkesan asal ngeblog, sehingga hal seperti saya sebut di atas terus berlangsung dan tidak ada perbaikan. Mereka mengatakan yang penting ngeblog jalan, soal penghasilan online mereka tidak optimis tetapi anehnya mereka memasang banyak iklan PPC dan banner banner afiliasi atau bahkan banyak banner PTC dan lain sebagainya yang menurut mereka itu akan menjadi sumber penghasilan dari blogging mereka.

Apa tujuan Anda bikin blog?
Saya teringat salah satu komentar pada salah satu posting saya tentang konsentrasi pada satu topik blog saja, komentar itu mengatakan "Ngeblog itu kan untuk mencurahkan apa saja yang ada di pikiran, susah dong kalo tiap posting harus itu melulu". Saya jawab ' benar sekali kalo ngeblog itu untuk mencurahkan apa saja yang ada dipikiran, tetapi jika ngeblog untuk tujuan making money apa bisa begitu posting seenaknya?.

Coba tanya diri sendiri untuk apa bikin blog? apa untuk asal senang dan hobi saja, atau punya tujuan lain seperti making money online?. Kita banyak melihat blog blog yang sukses mengahsilkan uang secara online dan bisa dipastikan setidaknya ada satu topik utama pada blog dan itu menjadi niche blog tersebut. Penjelasan panjang dibutuhkan untuk membahas masalah ini lain kali.

Ketahui cara webmaster menggunakan blog / web blog
Juga sudah bukan rahasia lagi kalo mereka (para marketer sukses) menjadikan blog baik yang gratis maupun yang memakai TLD, sebagai pendukung blog utama. Apa maksudnya pendukung? Mereka tidak menjadikan blog sebagai senjata utama bisnis online mereka, melainkan menjadikan blog sebagai alat untuk mendukung website utama mereka. Mereka banyak menulis artikel di blog tentang bisnis utama pada website utama mereka. Ini bertujuan untuk mendatangkan traffic ke arah bisnis utama mereka melalui link link rekomendasi dalam setiap artikel mereka. Selain itu mereka memanfaatkannya untuk hal yang lebih penting yaitu link building, sehingga selain akan menjadi jembatan penghubung ke arah website utama, juga untuk keperluan perbaikan posisi di mesin pencari. Pernah dengar istilah 'dummy blog'?

Mulai dengan menentukan jenis bisnis online mana yang dibidik?
Perlu diperhatikan ini khusus untuk yang mengandalkan blog untuk bisnis online. Ketika mulai membuat blog untuk tujuan make money online, mulailah dengan menghayal kira kira jenis apa yang mau diitegrasikan dalam blog nantinya. Sebagai publisher AdSense?, Untuk pemasaran afiliasi?, Untuk menyewakan kotak iklan, jualan ebook, jualan jasa, service dan lain sebagainya. Kalau saya pribadi akan merekomendasikan beberapa jenis yang populer seperti untuk Publisher AdSense (PPC), afiliasi, tetapi boleh saja pilih sesuai selera.

Ketika telah menentukan satu dari sekian jenis yang Anda kenal, mulailah membuat blog, usahakan dengan nama domain yang berhubungan. Misal Anda memilih untuk AdSense, penting untuk diperhatikan, Anda harus menentukan satu topik saja untuk satu blog atau website yang Anda rencanakan untuk AdSense. Sebagai contoh jika Anda mengambil topik terkenal seperti 'weight loss', maka nama url yang cocok seperti weightloss.blogspot.com dan seterusnya. Sebelum menentukan satu topik, biasanya perlu melakukan riset keyword (keyword research), untuk mencari kata kunci yang belum banyak pesaingnya, sahingga upaya SEO agak ringan dan mencari keyword keyword yang mempunyai nilai klik tinggi. Nilai klik tinggi biasanya ditandai dengan mahalnya tarif  biaya perklik atau cost per click. Anda bisa menggunakan Google Adword untuk mengetahui kata kunci apa saja yang punya cost per click tinggi.

Dan begitu selanjutnya. Secara sederhana urutan membuat blog untuk tujuan bisnis online adalah berikut ini:
1. Tentukan topik blog
2. Buat nama domain dan judul blog sesuai topik
3. Tulis sebanyak dan serutin mungkin artikel bermanfaat sesuai topik blog
4. Lakukan optimasi search engine (SEO) baik onpage SEO maupun offpage SEO
5. Hindari upaya black hat seo tactic agar lebih aman

Perlu penjelasan panjang untuk lebih jelas dan detail tentang tiap topik yang Anda tentukan. Tidak cukup satu posting untuk detail satu topik. Tapi kesimpulan penting dari posting kali ini adalah tentukan dan rancang dulu arah tujuan blogging Anda. Ok tetap jaga semangat dan segera take action!.

Artikel berkaitan:
__________________________________________________
>> Cara cara membuat uang dari internet
>> Tips Optimasi blog untuk AdSense dan permasalahannya
>> Macam jenis online internet marketing
>> Meningkatkan penjualan bisnis online melalui link kualitas tinggi
>> Penjelasan rinci pemasaran afiliasi (afiliate marketing)
>> Mulai bisnis online dari rumah Anda

3 komentar:

  1. ane masih buta kang masalah gituan. Blum ngerti.

    BalasHapus
  2. Kalau saya sih dulunya pengen monetize gan...
    tapi setelah dipikir-pikir buat saya masih jauh...
    mungkin dengan share akan lebih baik...sambil belajar gitu...
    thanx buat ilmunya...
    akan saya serap dengan baek...

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.