Agustus 15, 2010

Komponen Penting dalam Blog

Blog adalah ibarat rumah kita, bagaimana bentuknya, apa isinya, bagaimana tampilannya terlihat dan seterusnya. Lebih lagi blog adalah bukan sekedar rumah tetapi lebih mirip sebuah toko atau tempat untuk dikunjungi orang-orang dengan beragam alasan. Blog tentu saja harus menggambarkan siapa yang punya, karena orang yang datang tentu tidak ingin datang ke suatu tempat tanpa tahu siapa yang punya. Ini juga dalam tahap membangun kepercayaan mereka terhadap blog Anda. Berikut hal hal penting yang setidaknya diperhitungkan dalam blog.

Nama Domain
------------------------------------------------------
Nama domain ibarat nama Anda sendiri. Atau jika blog Anda adalah pendukung bisnis, tentu harus menggunakan MERK bisnis Anda dalam nama domain blog. Ini bukan saja tentang sebuah nama, tetapi lebih jauh dalam tujuan membangun brand dan mengibarkan bendera Anda sendiri. Usahakan nama domain yang gampang, menarik dan mudah diingat serta tetap sesuai dengan MERK bisnis yang diusung.

Tema
------------------------------------------------------ 

Tema yang jelas dan harus mulai di pertimbangkan untuk mendukung kesuksesan blog Anda. Tema dalam blog Anda adalah tentang bisnis Anda. Sebagai contoh jika bisnis yang dibangun dan dikembangkan adalah baju muslim, tentu blog akan bertema baju muslim, dan bukan tema yang lain.

Tema disini dimaksudkan pada tampilan blog dan kesan serta suasana. Anda dapat membuat gambar pada header dengan yang sesuai dengan bisnis Anda. Atau memberikan widget atau ornamen tertentu yang sesuai dengan tema blog Anda.

Sosial Meida dan RSS Buttons
------------------------------------------------------ 

Pada tahap tertentu, pembaca Anda tentu merasa mendapatkan manfaat atau merasa perlu untuk membaginya dengan orang lain baik itu lewat social media maupun berbagi secara langsung. Oleh sebab itu jangan lupa tambahkan dan integrasikan blog dengan tombol yang mudah untuk digunakan pengunjung dalam berbagi dengan teman.

Disisi lain, pengunjung juga mungkin merasa membutuhkan untuk terus mengetahui setiap posting dan perkembangan atau info onfo baru dalam blog Anda. Maka sediakan tombol khusus untuk hal ini, yaitu dengan menampilkan RSS Buttons.

Artikel
------------------------------------------------------ 

Selalu update artikel dalam blog Anda dengan konten yang menarik dan unik serta bermanfaat. Ini bertujuan untuk terus membangun kepercayaan pengunjung dan subscriber Anda yang tentu saja setidaknya siap untuk membaca posting baru Anda. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kekecewaan pengunjung Anda manakala mereka mengunjungi blog Anda dan mereka akhirnya pergi karena tidak menemukan lagi sesuatu yang baru dan bermanfaat buat mereka.

Selalu meng update artikel bukan saja untuk keperluan pengunjung, tetapi lebih jauh untuk kepentingan mesin pencari, sehingga semakin tua umur blog Anda maka seharusnya semakin banyak artikel yang diposting dan semakin banyak pula yang terisdeks di mesin pencari. Ini akan memungkinkan traffic terus meningkat dan posisi yang semakin baik di mesin pencari karena semakin banyak backlink yang bisa didapat.

Ucapan selamat datang dan terimakasih
------------------------------------------------------ 

Layaknya ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda, maka sudah seharusnya ANda mengucapkan selamat datang saat mereka masuk ke blog Anda dan ucapan terimakasih saat mereka pergi dari rumah Anda. Ini bukan saja so'al basa dan basi, tetapi lebih kepada tujuan membangun kepercayaan pengunjung Anda dan berguna untuk pertumbuhan blog Anda pada masa masa selanjutnya. Dan tentu jangan lupa untuk mengundang mereka datang kembali ke blog Anda kapanpun mereka mau.

Halaman About dan kontak
------------------------------------------------------ 

Penting untuk menampilkan halaman khusus tentang about dan kontak pada blog. Orang yang berkunjung ke blog dan membaca setiap artikel akan tertarik untuk mengetahui siapa dan apa dibalik blog yang mereka baca. Halaman about akan menceritakan seditik tentang blog, tentang penulis blog dan hal hal lain seputar tema blog Anda.

Demikian juga halaman kontak. Pengunjung yang datang dan mulai menyerap apa isi blog Anda, tentu sebagian mereka pasti ada yang merasa untuk bisa menghubingi atau setidaknya berinteraksi dengan pemilik blog karena berbagai alasan. Halaman kontak memungkinkan mereka menemukan nomor telepon, email atau apapu yang bisa digunakan untuk berhubungan. Terlebih jika blog untuk berjualan online atau menyediakan jasa dan pelayanan.

Upaya membangun sebuah blog adalah usaha panjang dan dibutuhkan konsistensi serta kesabaran. Bagaimana sebuah blog mendapatkan kepercayaan dari pengunjung yang merasa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari sebuah blog, atau bagaimana sebuah blog bisa mempunyai semacam kontak emosi dengan para pengunjung, sehingga pengunjung akan betah dan terus berkunjung setiap hari dengan alasan mereka sendiri.

Artikel berkaitan:
===============================
>> Penyebab gagal menghasilkan uang dari internet
>> Belajar dari Internet Marketer sukses
>> Mulai dengan merancang arah blogging Anda
>> Ngobrol seputar cara terbaik memulai bisnis online
>> Membuat blog yang menghasilkan uang dari internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.