Agustus 09, 2010

Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Mempunyai blog yang menghasilkan uang tentu saja menjadi impian semua orang. Tapi ini tentu bukan hal mudah, karena banyak hal yang perlu dipelajari dan diperhatikan dalam blogging. Ada jutaan bahkan milyaran blog tersimpan di dunia maya ini, tapi hanya beberapa persen kecil saja yang menghasilkan Dollar. Namun demikian tetap saja semoga dengan kerja keras dan terus belajar, suatu saat dapat tercapai untuk mempunyai blog yang benar benar bisa menghasilkan uang dari internet.

Bagaimana membuat blog yang menghasilkan, adalah proses panjang yang dibarengi dengan kerja keras, konsisten, komitmen, pengorbanan waktu yang tidak sebentar, perlu modal dan bahkan ada yang bilang perjuangan berdarah-darah. Ini artinya bukan sama sekali seperti 'uang cepat' atau 'uang mudah' apalagi 'mesin uang otomatis. It's a BIG LIE!! Mau menghasilkan uang dari Internet? buang jauh jauh dulu frasa-frasa yang saya kasih tanda petik tersebut.

Membuat blog yang menghasilkan
So'al membuat blog itu sama saja, mulai dari bikin e-mail, cari template, bikin artikel (posting) dan seterusnya. Tapi pada saat blog jadi dan bahkan berumur cukup lama, masih lebih banyak blog yang tidak menghasilkan, ketimbang blog yang menghasilkan. Hal ini tentu ada sebab-sebab kenapa blog tidak menghasilkan uang.

Buatlah Blog yang mempunyai arah jelas - Kemana arah blogging Anda, apa untuk share kegiatan Anda sehari-hari, untuk berdakwah menyebarkan kebaikan, atau untuk menghasilkan uang dari internet?. Jika membuat blog dengan tujuan yang terakhir, tentukan arah Anda membuat Blog. Blog dengan arah jelas, biasanya juga mempunyai BRAND, cirikhas, target pasar khusus, dan bahkan niche market, yang kesemuanya merupakan modal yang sangat bagus dalam monetize blog. Lakukan riset pasar dan temukan apa yang menjadi target pasar dari Blog Anda.

Menentukan arah yang jelas adalah baru permulaan saja dalam membuat blog yang menghasilkan. Bila blog sudah mempunyai arah jelas, maka ini sebagai modal untuk melangkah ke bagian kedua berikut ini,

Buat blog yang mempunyai niche - Niche, niche dan niche lagi, apakah blog juga harus mempunyai niche? atau blog yang bebas dan berisi apa saja yang penting banyak target kata kunci sehingga pengunjung akan bejibun? Blog dengan pengunjung 1000 perhari tapi dengan 90% pengunjung yang tertarget? atau milih blog yang berpengunjung 5000 perhari tetapi hampir semuanya pengunjung asal-asalan? pilih mana?

Buat blog yang mempunyai pengunjung potensial - Banyak GURU Internet marketer expert mengatakan 'kenapa tidak tawarkan dagangan hanya kepada orang yang membutuhkan saja?. Apa artinya, pengunjung terterget! Secara teori pengunjung tertarget adalah pengunjung yang sesuai dengan incara Anda. Selanjutnya ini disebut dengan 'Pengunjung Potensial". Traffic banyak tetapi jika tidak ada yang tertarget, maka taffic itu adalah sia sia. Mencari traffic adalah tersulit dalam dunia blogging dan internet marketing, tapi mencari traffic yang tertarget jauh lebih sulit dari sekedar mendatangkan trafic. Blog yang sudah mempunyai niche, tentu saja lebih banyak mempunyai pengunjung potensial ini, ketimbang blog yang sebaliknya.

Buatlah blog yang dipercaya pengunjung - Banyak orang mengunjungi blog blog, tetapi kemudian mereka pergi begitu saja tanpa ada kesan sama sekali. Ini berkaitan dengan bagaimana mengkonversi traffic menjadi uang. Apakah traffic yang berjibun adalah jaminan mendapatkan penghasilan dari internet? belum tentu! Masih diperlukan langkah selanjutnya yaitu bagaimana mengubah traffic menjadi sumber penghasilan internet Anda. Oleh karena itu kepercayaan pengunjung pada website atau Blog Anda sangat penting dalam membuat blog yang menghasilkan uang.

Optimalkan blog dengan SEO -  Ini adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari monetizing blog. Optimalisasi mesin pencari berguna. Bagaimana caranya mendatangkan pengunjung dengan gratis, satu satunya yang terpopuler adalah SEO. Ini memungkinkan pengguna internet yang sedang mencari produk Anda datang ke Website Anda melalui mesin pencari, dengan sendirinya dan otomatis. Ini tentu saja juga berjutuan untuk meminimalisir modal bisnis online, dan tidak harus selamanya membayar iklan PPC.

Mempunyai blog yang bisa dijadikan ladang penghasilan, tentu saja ini tujuan hampir semua pelaku bisnis online. Oleh karena itu mulailah membuat blog yang menghasilkan uang dari internet.

Artikel berkaitan:
=============================
>> Pilih jenis bisnis online paling cocok untuk monetize blog Anda
>> Penyebab gagal menghasilkan uang dari blogging
>> Cara-cara menghasilkan uang dari internet
>> Kapan saatnya monetizing blog?
>> Mencari pengunjung berkualitas dengan link yang berkualitas

6 komentar:

  1. Nice information for making money through a blog. I like the post and its presentation. Keep sharing such useful stuffs.

    BalasHapus
  2. Thank U SEO Services for the nice appreciation. I just try to share a little bit and hope it can help other blogger to make some money through internet. Good luck for Your SEO Services..

    BalasHapus
  3. Thanks buddy for this very useful & informative post. really take care of tips you have mentioned here for a good & money generated blog and also useful in concern with the seo process.
    Web Design Company

    BalasHapus
  4. It was really nice stuff to get the ideas of making money through a blog... Main thing for this is, blog should be as much as creative and interesting so it could have more and more visitors...
    All the tips which you provided for making a blog popular are really very very helpful.....
    Thanks for sharing such great tips to earn online through a blog !!!

    BalasHapus
  5. Many people who write blogs today simply want to share their opinion on something. But then there are the business-minded folks, who have found a way to use blogs, or Web logs, to bring in a little extra cash too...
    Thanks for your post.. It was really very informative...

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.