Juli 29, 2010

Berbagai teknik membangun link

Membangun link atau link building adalah salah satu hal terpenting dalam SEO. Semakin banyak link yang keluar masuk, maka akan semakin lebar membuka kesempatan mendapatkan posisi di hasil pencarian mesin pencari (SERPs). Link building adalah proses dalam memperoleh link masuk dan keluar kedalam dan dari website / blog kita. Lalu bagaimana cara memperoleh link dan link link seperti apa yang akan benar benar berfungsi terutama dalam pengaruh posisi website / blog di halaman hasil pencarian?

Jika hanya berbicara tentang bagaimana mendapatkan link itu sederhana. Banyak hal bisa dilakukan dan umum sekali dilakukan oleh blogger pemula sekalipun. Tapi kemudian apakah link link yang kita dapat itu adalah link yang bermanfaat untuk blog kita?. Satu hal penting perlu dicatat jika ingin back-link yang dapat memperbagus posisi di mesin pencari yaitu; kualitas link atau link yang berkualitas.

Apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan link yang berkualitas ini? langkah pertama biasanya carilah website atau blog yang mempunyai tema sama (relevant), atau setidaknya masih dalam lingkup niceh atau topik utama website / blog. Sebagai contoh sederhana, website berisi tentang baju muslim jelas ada hubungannya dengan industri tekstil. Nah link dari dan ke situs situs tersebut dianggap sebagai situs yang relevant. Sebagai contoh lain sebuah blog tentang bisnis online jelas berhubungan dengan situs afiliasi, internet marketing, bahkan situs SEO sekalipun.

Setelah mendapatkan beberapa situs situs yang berhubungan dan relevan, carilah informasi apakah mereka membuka kesempatan untuk bertukar link yang sefaham. Jika iya maka segera gunakan sebaik mungkin kesempatan ini. Dan bagaimana jika tidak, masih ada kemungkinan mereka menerima tukar link tetapi biasanya bersifat tertutup atau tidk publik. Tanyakan kepada admin melalui contact info yang disediakan, apakah mereka mau bertukar link dengan Anda. Inilah yang kita kenal dengan istilah reciprocal link. Kebanyakan mereka seharusnya akan menyetujui tetapi tentu mereka harus tertarik dengan Anda dan website Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk link building ini. Tetapi ada beberapa hal penting perlu diperhatikan: Relevansi : Keterangan persisi seperti di bagian atas. PageRank :Secara teori memang seharusnya mendapatkan link dari website atau blog yang mempunyai PR dan kalau bisa PR tinggi 3 ke atas. Memang benar jika untuk keperluan mengejar PageRank dan posisi di mesin pencari. Lalu bagaimana dengan website baru yang tentu saja belum mempunyai PR? Jika hanya karena alasan di atas, pastilah blog atau website baru akan sulit untuk mendapatkan partner dalam bertukar link. Tapi untungnya ternyata banyak pula blog ber PR tinggi yang menerima tukar link dengan siapapun meskipun belum mempunyai PR.

Cara lain populer dalam mencari link adalah menggunakan teknik blog commenting atau komentar pada blog. Satu hal penting adalah komentar pada blog yang menggunakan tag Dofollow. Banyak tool yang bisa kita gunakan untuk dapat mengetahui sebuah blog atau website dofollow atau tidak. Atau paling gampang dengan melihar source code. Kelebihan teknik mencari backlink dengan blog commenting ini adalah tidak perlu merisaukan PR dan lain sebagainya. Yang perlu dilakukan adalah temukan website atau blog dofollow dan tulis komentar dan jangan lupa sertakan link dan anchor text, komentar yang bagus dan jangan SPAM!.

Ada banyak cara lain bisa dilakukan dalam membangun link. Jika menggunakan cara submit direktori pastikan perhatikan PR, kategori, relevansi, inbound link dan traffic di dalam website direktori. Tetapi tidak perlu dirisaukan karena biasanya direktori besar dan terkenal mempunyai semua hal yang dibutuhkan tersebut.


Artikel berkaitan: 
_______________________________________________
>> 6 cara gratis dapat backlink berkualitas 
>> High quality link and high quality visitor
>> 30 cara strategi link building
>> 3 (tiga) macam teknik Search Engine Optimization (SEO)
>> 54 tempat submit artikel

8 komentar:

  1. hmmmm . . . . ;perlu waktu nih . .:D

    mmapir

    BalasHapus
  2. Damar: Tetep semangat thank kunjungan dan komennya
    Arutemia: Makasih apresiasi dan komentarnya...bikin tambah semangat..TQ

    BalasHapus
  3. mas maaf...
    mau tanya...
    kalau backlink sama tukaran link itu kemampuannya sma gag ea?
    kan keduanya sma-sma meninggalkan link blog kita pada halaman blog milik orng lain...
    tahnks...

    BalasHapus
  4. JACK: Yang dianggap Backlink adalah link yg lengkap dengan anchor text (dofollow) kita yang ada di website atau blog lain, terutama yang terletak pada halaman utama dan bukan di dalam posting atau komentar. Nah khusus menaruh atau meninggalkan link kita dalam komentar blog lain, jika ingin dapat backlink, blog atau website yang kita komentari harus blog berlabel DOFollow. Kalau tidak, maka tidak dihitung sebagai backlink.

    Sedikit uraian semoga dpt sedikit membantu .. terimakasih

    BalasHapus
  5. mao nanya ni bos, sebenarnya dalam membangun link yang paling bisa mendapatkan banyak pengunjung yang mana sich ?
    Thanx

    BalasHapus
  6. @Myadran: Link yg paling dapat mendatangkan banyak pengunjung..?

    Tujuan utama "link building" bukan mendatangkan pengunjung "SECARA LANGSUNG"... tujuan utamanya adalah untuk posisi lebih baik di SERPs (halaman pertama atau kedua)dengan kata kunci yang kita inginkan. Semakin banyak backlink (relevan) sesuai "Anchor text dan Kata Kunci" adalah salah satu cara jitu memperbaiki posisi kita di hasil pencarian (SERPs.

    Nah..jika posisi kita bagus, tentu akan banyak pengunjung (sesuai kata kunci incaran) kita.

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara mengetahui blog atau website menggunakan DOFOLLOW atau tidak?

    jasa pindahan

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.