Agustus 12, 2010

Spam Comment Inbox : Fitur Baru Blogger

Banyaknya komentar yang masuk, tentu saja tidak semuanya sesuai artikel. Tetapi banyak yang digunakan sebagai tempat menaruh spam. Banyak blogger yang menonaktifkan edit komentar, sehingga tidak bisa membaca dan meneliti terlebih dahulu sebelum mempublish beberapa komentar. Bagi blog dengan komentar beberapa saja, atau bahkan jarang ada komentar, mungkin mengaktifkan edit komentar tidak menjadi masalah.

Tetapi bagaimana dengan blog dengan ratusan komentar dalam sehari? Mengkatifkannya pun kadang tidak banyak membantu karena tidak mungkin membaca dan meneliti satu persatu setiap komentar, dan kebanyakan mereka memilih untuk menonaktifkan saja, sehingga setiap komentar akan langsung tampil tanpa persetujuan admin.

Nah blogger telah membuat fitur baru mengenai komentar ini, dan diaktifkan secara otomatis pada beberapa blog (tidak semuanya).
Blogger telah mengaktifkan secara otomatis fitur ini pada blog yang berpotensi sebagai tempat spam. Entah dinilai dari sudut mana sebuah setting komentar di blog dianggap berpotensi sebagai sarang spam. Salah satu blog saya ada yang kena fitur ini yang diaktifkan secara otomatis oleh blogger. Padahal saya mengaktifkan setting komentar - untuk pengguna terdaftar saja, dan saya juga aktifkan verifikasi kode untuk komentar.
Sedangkan sebagian blog saya yang menggunakan setting ijinkan siapa saja termasuk pengguna anonim dan juga menggunakan setting nonaktifkan kode verifikasi komentar, justru tidak muncul fitur spam comment inbox ini.
Disana tidak tampak ada penambahan menu komentar, seperti yang saya kasih tanda panah pada gambar yang di atas.

Yang jelas dari fitur Spam Inbox ini dibuat untuk tujuan lebih mudah memisahkan komentar seperti pada menu Gmail. adalah bisa digunakan untuk mengedit komentar yang sudah kadung dipublish, sehingga kita bisa memilih yang mana yang mau dipertahankan dan yang mana mau kita hapus dari blog kita.

Google sendiri terus meningkatkan perhatiannya terhadap urusan spam ini, dan bahkan sampai ke spam yang mungkin tersebar dalam komentar di blogger. Seperti yang saya kutip berikut ini:
"Anda dapat membantu meningkatkan kemampuan kita untuk secara otomatis mendeteksi komentar spam dengan memeriksa Inbox Spam dan menghapus tanda komentar spam dan komentar nyata yang mungkin telah ditandai sebagai spam seperti Bukan Spam."
 Sumber : Blogger/support/blogger

Artikel berkaitan:
=========================
>> Spam dan macam jenisnya
>> Pasang fitur 'Share' blogger dengan mudah
>> Fitur Statistik khusus untuk blogger
>> Statistik blogger berdasarkan umur, jenis kelamin dan asal Negara
>> Macam jenis website dan pengguna Internet

2 komentar:

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.