Maret 14, 2010

Ide dan Strategi Pemasaran untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

Berbicara tentang ide dan strategi pemasaran (marketing strategy) untuk pertumbuhan bisnis online sangat menarik. Ini berkaitan dengan hal-hal penting dalam pamasaran seperti; bagaimana Anda menarik perhatian orang, membangkitkan minat mereka, memicu keinginan mereka, dan memotivasi mereka untuk mengambil tindakan? jika Anda telah menemukan jawaban dari pertanyaan diatas maka anda telah menemukan strategi jitu untuk sukses pemasaran dan bisnis online Anda. Namun jawabannya adalah sebenarnya sangat berkaitan dengan hal hal penting pula seperti niche pasar, produk dan jasa, dan juga perkembangan strategi pemasaran yang terus diperbaharui sesuai dengan tren dan juga kebudayaan yang ada..

Meskipun tidak sempurna, beberapa tips berikut ini setidaknya dapat sedikit membantu dalam internet marketing dan bisnis online Anda, atau juga bisnis offline secara lebih umum.

Dapatkan Kepercayaan Pelanggan
Saat pertama calon pelanggan bertemu dengan Anda, biasanya terdapat keraguan, skeptis, ketidakpedulian, atau bahkan calon pelanggan bingung dengan Anda. Dalam hal ini Anda perlu untuk mempromosikan beberapa hal penting seperti; citra pengalaman Anda, kualitas, ketergantungan, baik layanan pelanggan atau nilai tambah bagi calon pelanggan Anda. Ini bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan mengatasi kesulitan dalam penjualan. Komunikasikan dengan jelas apa keuntungan calon pelanggan Anda jika berbisnis dengan Anda. Berikan alasan kuat mengapa mereka harus berbisnis dengan Anda. Jika dalam hal ini anda gagal, maka calon pelanggan anda akan berlari dan mungkin menjadi pelanggan dan mitra pesaing Anda.
 

Menembus kesadaran audiens target 
Memasuki pikiran calon pelanggan Anda dengan menggunakan strategi pemasaran yang terintegrasi. Dalam hal ini biasanya mencakup strategi pemasaran situs web direncanakan dengan baik. Sederhananya begini: semakin banyak cara publik mendengar tentang Anda, maka semakin baik pula kesempatan Anda untuk memperkenalkan merek, kredibilitas, dan tentunya pangsa pasar yang lebih besar.
 

Tunjukkan antusiasme Anda
Jika Anda sangat percaya pada produk, layanan, perusahaan Anda, dan diri Anda sendiri, maka calon pelanggan akan mengetahui bahwa sikap bersemangat dan percaya diri Anda akan membuat mereka optimis untuk berbisnis dengan Anda. Kata-kata Anda memang penting, tapi komunikasi nonverbal - nada suara Anda, nada, kecepatan bicara, volume, ekspresi wajah, keterampilan mendengarkan Anda, kontak mata, dan responsif secara keseluruhan - dapat memiliki dampak yang lebih besar mengenai bagaimana Anda mempengaruhi dan membujuk calon pelanggan, calon klien, atau calon anggota Anda.
 

Pembelian merupakan keputusan emosional.
Menanamkan dalam diri prospek Anda tentang perasaan yang baik seputar perusahaan Anda, Bagaimana Anda akan berbisnis dengan mereka, dan bagaimana Anda dapat memperbaiki kehidupan mereka atau memecahkan masalah mereka. Untuk Mencapai hal yang sama penting dalam proses penjualan dan pemasaran adalah seperti memusatkan perhatian pada fitur produk dan juga manfaat produk.Anda perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang emosi dalam dunia marketing.
 

Mengusir ketidakpercayaan.
Dapatkan kepercayaan klien dan hilangkan perasaan tidakpercaya mereka dengan menawarkan jaminan tertulis kepuasan misalnya bila memungkinkan. Paparkan beberapa testimonial kepuasan pelanggan Anda, referensi, atau mungkin dengan bergabung dengan organisasi profesional yang dihormati dan terkenal , seperti Better Business Bureau, Kamar Dagang, dan asosiasi industri dan lain sebagainya.

Mengenakan tenggat waktu.
Masalah hambatan kesuksesan penjualan dalam marketing adalah adanya "penundaan". Ini biasa terjadi dan sangat umum. Untuk mengatasi kecenderungan alami manusia tentang penundaan pembelian, seringkali diperlukan untuk menyertakan kata "mendesak" ke iklan atau presentasi penjualan Anda. Ini seperti menyertakan kalimat "hanya untuk 100 pendaftar pertama" misalnya. Ini biasanya akan efektif untuk mendorong calon pelanggan Anda untuk melakukan tindakan pembelian secepat mungkin.

Membuat rencana pemasaran yang matang

Membuat rencana pemasaran bisnis kecil dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan dan peluang. Perencanaan strategi pemasaran. Anda juga harus memperhitungkan faktor-faktor seperti kelemahan Anda, ancaman eksternal seperti kompetisi, faktor-faktor ekonomi, dll. Dan juga strategi pemasaran yang anda gunakan, tujuan promosi, strategi penetapan harga, dan keputusan distribusi, strategi media, penjualan dan pengeluaran anggaran, analisis sasaran pasar (mengetahui pelanggan Anda), dan tersedianya alat-alat pemasaran, sehingga mungkin Anda perlu untuk melakukan riset atau melakukan akuisisi misalnya. Ini berkaitan dengan Marketing Plan.

Menggunakan Web (Internet Marketing)
Strategi ini dapat sangat efektif, dan inilah salah stu strategi pemasaran bisnis online Anda. Jika Anda sudah memiliki situs web, pastikan itu "dioptimalkan" untuk kata kunci sesuai prospek yang Anda cari. Ini berkaitan erat dengan SEO atau search engine optimization. Pelajari lebih lanjut tentang SEO.

Aspek penting lain adalah meningkatkan "visibilitas" Anda. Buat diri anda "terlihat". Atau kalo ANda mengibaratkan bendera, maka kibarkan setinggi mungkin agar telihat orang banyak. Seperti dalam SEO dalam hal ini mesin pencari Google adalah untuk mendapatkan situs lain yang link ke situs Anda. Ini biasanya disebut sebagai backlink atau linkin.

Teknik ini akan membawa Anda kepada manfaat yang optimal ketika situs yang terhubung ke Anda adalah situs yang mapan (dalam hal ini mungkin seperti PR tinggi), memiliki tema yang sama ke situs Anda (sering disebut faktor relevansi), atau dianggap sebagai "situs otoritas". (Situs Otoritas utama seperti mendapatkan link dari situs pemerintah (dot-gov), lembaga pendidikan (dot-edu), dan organisasi (dot-org). Web situs yang memiliki kualitas karena mendapatkan linkin atau backlink dari situs lain yang berkualitas, biasanya akan diberikan posisi yang lebih tinggi oleh mesin pencari Google daripada yang tidak. Pelajari SEO lebih jauh lagi tentang backlink dan link in. Terimakasih, semoga bermanfaat.



Artikel pemasaran berkaitan:
>> Macam jenis marketing bisnis online internet
>> Strategi pemasaran menggunakan media sosial (social media marketing)
>> Membangun kepercayaan konsumen bisnis
>> Pengaruh media sosial dalam kesuksesan pemasaran online

6 komentar:

  1. artikel strategi pemasaran bagus bgt Sob...kalo boleh pesen tips agar praktek strategi marketing ini agar maksimal, agar tidak malu, malas, dll gimana..
    thank..maleena

    BalasHapus
  2. Strategi untuk bersaing mendapatkan pelanggan mutlak diperlukan dalam bisnis apapun. Ide ide segar dan pintar benar sekali sebagai penguat dan peluru 'baru' dlm strategi persaingan tersebut. Tanpa ide segar dan pintar, strategi pun biasanya basi dan ketinggalan. Kita tahu strategi masih jitu jika belum banyak yang menggunakan, dan bila sudah banyak yang menggunakan, kita perlu 'ide segar' itu...

    BalasHapus
  3. dgn ide dan strategi yang segar, tentunya hal hal seperti kendala dalam rencana pemasaran akan dapat diatasi dengan baik seharusnya. Mempelajari kendala yg muncul dengan melihat langsung kedalam strategi pemasaran yang sudah ada dan segera menemukan ide baru yang benar benar segar untuk menghalau kendala tersebut...

    BalasHapus
  4. salam kenal gan.

    Tips2 marketingnya luar biasa tuh..

    kendala utama dalam marketing yaitu NIATAN DALAM DIRI KITA SENDIRI YANG KADANG TIDAK SABARAN MENANTI KESUKSESAN

    BalasHapus
  5. MAKASI ATAS TIP DAN INFONYA SANGAT MENARIK.JANAN LUPA KUNJUNGANNYA YA...MAKASI

    BalasHapus
  6. terimakasih banyak, strategi yang sangat membantu

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.