April 23, 2010

Hacker Penjual Akun Facebook

Lagi lagi, berita mengejutkan seputar keamanan dalam social media terungkap di Internet. Seorang hacker asal Rusia yang menamakan dirinya Kirloss, menjual dengan bebas kurang lebih satu setengah juta akun (FB) facebook (facebook IDs). Dia menawarkan harga 25 DOLLAR US per 100 akun facebook dengan teman minimal 10 friends lengkap dengan email dan password yang digunakan, dan 45 DOLLAR US per 1000 akun dengan teman lebih dari 10 friends.

Menurut data cari Symantec, sampai saat ini sudah ada sekitar 700.000 akun yang telah terjual. Dan dari kesemua thread dari akun yang telah di hack dan di jual tersebut telah di hapus. Para pengguna facebook yang akun e mail dan passwordnya telah dijebol, sangat beresiko tinggi untuk menjadi incaran para hacker dan penjebol akun dan password di social medi ini dan mungkin juga semua social media.

Menurut Jolie O'Dell, hacking facebook adalah hobby baru orang ini [Kirllos]. Dia membuat forum khusus untuk yang membutuhkan akun facebook untuk kepentingan tertentu. Dan berhasil menjual kurang lebih 100.000 akun dan password facebook dari user di seluruh dunia pada pertengahan tahun ini. Sobat blogger Ada yang bisa baca tulisan RUSIA..? lihat screenshot ini.

 [img credit: @mikkohypponen]
Menurut forum tersebut, orang ini juga sangat tertarik dengan aplikasi-aplikasi pada iPhone. Masih menurut forum tersebut, orang ini berumur 24 tahu, lahir di Rusia dan tinggal di New Zealand, lancar berbahasa Inggris dan bahasa Perancis.

Sementara itu pihak facebook.com sendiri,sampai saat ini belum memberikan komentar apapun mengenai hal ini. Mashable.com secara resmi mengirimkan permintaan tanggapan dan komentar dari facebook.com tentang penjualan akun yang telah di hack ini. Buat para blogger dan pengguna facebook semua, di Indonesia khususnya, mari lebih berhati2 lagi denngan media sosial manapun termasuk facebook. Gantilah password Anda secara berkala. Gunakan password yang serumit mungkin, seperti dengan menggunakan numbers, capital letters and special characters dan lain sebagainya.

Tentang tanggapan dari facebook sendiri, saya akan update segera jika nanti ada perkembangan berita ini seputar penjualan akun dan penjebolan password facebook ini. Pastikan Anda tidak melewatkannya [KLIK Untuk UPDATE] Terimakasih.


Artikel berkaitan:
========================================
>> WARNING Virus Baru Penjebol Password (FB) Facebook 
>> Google Buzz Terbukti Berdampak Kuat Pada Twitter dan (FB) Facebook 
>> 2010: Persaingan Google Buzz, twitter melawan (FB) facebook
>> 39% kaum cewek muda langsung akses FB tepat setelah bangun tidur [STUDI]
>> Cara disable "instant personalization" pada app FB (Facebook)

4 komentar:

  1. wah bahaya juga ya..ternyata security facebook gak aman.Situs segede gitu securitynya masih payah ya.

    BalasHapus
  2. memang benar ternyata semua sosial media tidak mempunyai keamanan yang bagus ya?.. . mau ganti password facebook dulu ah...

    BalasHapus
  3. emang lahan empuk buat haccke yg bisa menjebol sistem keamanan FB....saran gw jgan maen facebook truss....haha

    BalasHapus
  4. makanya jangan pesbukan teruussss

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.