Juni 16, 2010

Strategi pemasaran menggunakan video (video marketing)

Salah satu alat strategi pemasaran dalam bisnis online paling populer adalah dengan menggunakan media video. Selanjutnya disebut dengan 'video marketing'. Disini, video dijadikan sebagai media dan alat untuk mendatangkan traffic dan pengunjung dan bahkan pelanggan. Bagaimana hal ini bekerja?, sederhana mekanismenya. Orang orang melihat video dan tentunya melihat apapun yang ada dalam video baik itu tulisan, gambar, cerita dan bahkan orang mendengar suara dalam video. Pasti pernah mendengar propaganda menggunakan video bukan?. Video berarti sangat luas, bisa berupa film cerita, film pendek, rekaman berita dan kejadian, video musik (video clip) dan bahkan berisi hal hal yang lain. Berikut ini penjelasan singkat strategi pemasaran memanfaatkan video.

Video sebagai strategi marketing
Dijadikannya video sebagai alat pemasaran sebenarnya sudah sejak waktu yang lama. Anda bisa melihat sejak pertama ada media televisi, sebenarnya saat itulah dimulainya video marketing. Kita tahu video yang kita saksikan dan audio yang kita dengar terbukti mempengaruhi perilaku, kecenderungan dan bahkan mental kita. Sebagi contoh sebuah iklan televisi tentang sebuah produk bisa membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu, tidak tertarik menjadi tertarik, tidak ingin membeli menjadi ingin membeli. Sampai saat ini iklan berupa 'video' di televisi masih menjadi media iklan paling banyak digunakan.

Dalam bisnis online di internet, media audio visual ini mempunyai peranan penting dalam usaha mensukseskan promosi dan penjualan produk. Banyak webmaster telah membuktikan kemapuhannya baik dalam mendatangkan traffic, memancing minat pelanggan dan meningkatkan volume penjualan yang signifikan. Saya kira cukup gamblang mengenai hal ini.


Dimana video kita ditayangkan dan siapa yang menonton?
Dalam dunia maya, kita kenal situs video sharing paling populer adalah Youtube. Meskipun sebenarnya banyak situs serupa lain tetapi kita akan lebih fokus kepada Youtube karena banyak alasan. Google sendiri juga mempunyai layanan ini yaitu 'Video Google' dan bahkan awal 2010 lalu Google meluncurkan layanan baru yang disebut 'Google TV" yang diyakini banyak kalangan ini juga ditujukan untuk keperluan periklanan menggunakan video sebagai strategi marketing bisnis online.

Mengunggah video ke Youtube, hampir tidak ada persyaratan sama sekali. Cukup sign up dan segera upload video, dan saat itu juga video bisa dilihat oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Tetapi tentu saja banyak hal perlu diperhatikan tentang video yang diupload, atau strategi pemasaran video akan sia sia saja.


Hal penting dalam video marketing
Video marketing dianggap sebagai metode pemasaran yang berbeda denga metode pemasaran lain pada umumnya. Tapi secara teknik hampir sama. Seperti halnya dalam membuat sebuah artikel, berikut ini beberapa hal penting dalam video marketing: Ini adalah bentuk yang sama dalam SEO yang bertujuan untuk mendatangkan traffic dari video. Seperti contoh jika niche anda adalah bisnis online, judul video seperti "Bagaimana cara


Membuat judul video yang menarik - Sama ketika menulis artikel, gunakan judul yang menarik perhatian dan membuat penasaran dan tentunya berisi kata kunci dari niche Anda. Sebagai contoh jika video yang dibuat tentang cara mendatangkan traffic melimpah, judul video seperti "10000 visitor gratis setiap hari" adalah salah satu contohnya.

Konten video - Sama juga dengan membuat artikel, konten sangat penting disini. Tipsnya adalah buatlah isi video yang menarik dan berkualitas dari segala sisi baik itu gambar, keruntutan cerita, narasi dan isi video secara keseluruhan. Isi video yang bagus seperti isi yang benar terbukti dan bukan omong kosong, membantu mencerahkan dan memberikan solusi. Orang orang akan tertarik untuk terus melihat dengan harapan kemudian mereka akan mengikuti rekomendasi-rekomendasi yang ada di dalam video tersebut.

Menaruh link - Tempatkan link link dimana saja sekitar area video di Youtube. Paling umum biasanya watermark link, video description, dan tempat lain yang memungkinkan link terlihat oleh penonton video. Ini paling penting, karena dari sanalah video dapat mendatangkan traffic ke website kita, dan ini pula yang menjadi tujuan kita mengupload video ke Youtube sebagai upaya  strategi internet marketing. Tentang bagaimana membuat watermark video dengan link blog atau website kita dan menaruh link di tempat tempat yang disediakan di sekitar area video, Insya'Allah akan kita pelajari bersama di posting lain.

Pelaku bisnis online di seluruh dunia sudah menggunakannya sejak lama, dan terbukti mereka mendapatkan banyak pengunjung dan pembeli dari strategi ini. Tentunya sayang sekali jika tidak kita gunakan untuk mendukung sukses promosi bisnis online kita. Disamping menggunakan strategi marketing lainnya seperti social media marketing, PPC marketing, search engine marketing dll, menggunakan kesemuanya secara bersama sama, pemasaran internet akan lebih maksimal.

Artikel berkaitan:
>> Macam dan jenis strategi pemasaran internet (internet marketing )
>> Strategi pemasaran menggunakan sosial media (social media marketing)
>> Ide dan strategi pemasaran dalam mensukseskan bisnis
>> Memulai bisnis online dari rumah, bagaimana caranya?

5 komentar:

  1. Ok dech ..entar kalo udah punya produk sendiri untuk dipromosikan dan dibuatkan videonya... videonya ariel peterporn aja blm punya ha ha ha

    BalasHapus
  2. kalau video jenis yang lagi beredar heboh itu 'ariel luna maya dan cut tari' termasuk video marketing nggak ya...kalau iya bisa segera ditiru Sob..:D)

    BalasHapus
  3. Videonya yang berisi dakwah aja gan.... dunia dapat, akhirat dapat

    BalasHapus
  4. terimakasih banyak, sangat membantu sekali strateginya..

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.