Mei 18, 2010

0.facebook.com : Facebook Mobile "Cepat dan Murah"

Yang terbaru dari Facebook. Beberapa hari yang lalu facebook secara resmi meluncurkan layanan terbarunya yang berlabel 0.facebook.com. Ini adalah semacam versi cepat atau versi ringan dari m.facebook.com dan layanan ini adalah gratis, dalam arti tidak ada biaya data [no data fees]. 0.facebook.com akan tersedia di 50 lebih negara dan berkerja sama dengan operator operator yang ada. Dengan layanan ini tampilan facebook sedikit berubah namun tetap tersedia fitur fitur biasanya kecuali fitur 'photo'. Jadi, tidak ada foto dalam 0.facebook.com.

Versi cepat dan ringan facebook mobile ini menckup fitur seperti fitur dalam m.facebook.com termasuk status update, a newsfeed, wallpost dan juga comments. Memang sengaja hanya fitur fitur yang ringan saja yang tersedia di sini. Perhatikan screenshot nya di bawah ini:



Seperti disebut di atas, 0.facebook.com adalah layanan kerjasama (partnership) dengan operator jaringan mobile tertentu. Artinya tidak bisa diakses dengan jaringan mobile yang tidak bekerja sama dengan facebook. Nah di Indonesia sendiri dikabarkan, jaringan yang berkerja sama adalah Telkomsel. Tapi sampai sampai saat ini 17 mei 2010 belum diluncurkan. Kita tunggu saja kabar dari Telkomsel.

0.facebook.com (facebook ZERO) seperti disebut di atas adalah layanan m.facebook fersi cepat dan ringan serta no data fees (tidak ada biaya data). Tentunya harga berlangganan untuk menggunakan layanan ini tentunya juga lebih murah ketimbang m.facebook.com. Menurut situs socil media terbesar mashable.com, layanan ini tidak akan tersedia di negara-negara dengan koneksi internet cepat, seperti U.S., the UK, Japan, China, Germany dan lainnya. Memang sengaja fersi cepat ini disediakan untuk negara-negara dengan koneksi internet terutama wireless yang lambat atau super lambat. Makanya negara kita kebagian.. he he he.

Jadi teringat lite.facebook ya....sayang sekarang sudah tidak bisa digunakan lagi..

Artikel berkaitan:
1. Selamat tinggal faecbook lite
2. Hacker penjual akun facebook
3. Pebobol password akun facebook
4. Facebook Opengraph API
5. Facebook Instant Personalization
6. Tips aman menggunakan facebook

3 komentar:

  1. Axis dan juga 3 (THREE) juga bisa kok bro..
    benar-benar gratis lagi..facebook tahu bener ya..cara 'membesarkan'dirinya.....

    BalasHapus
  2. wah baru tahu ane... coba deh n'tar di mobile..!! Tx buat infonya!

    BalasHapus
  3. Bener gratis ya..? 100% gratis atau ada biaya lagi..? atau cukup ada sinyal aja..?
    Trus kalo misal pulsa nggak ada tetep bisa akses 0.facebook gak..?

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.