Agustus 09, 2010

Haruskah Pemula Pusingkan SEO?

Salah satu istilah yang paling sering kita dengan ketika memasuki area bisnis online di internet adalah SEO atau search engine optimization atau optimasi mesin pencari. Kemudian banyak orang yang masuk ke dalamnya dan larut sampai menghabiskan waktu untuk belajar seo pada saat pertama memulai belajar nge-blog. Sepertinya ada opini yang terbentuk bahwa memulai bisnis online dengan membuat blog harus dimulai dengan menguasai SEO. Benarkan demikian?

Sebagai pengingat saja, bahwa SEO adalah sebuah upaya yang dilakukan pada sebuah halaman website atau blog, agar mendapatkan posisi bagus di hasil pencarian pada mesin pencari (SERPs). Dan mesin pencari yang paling ditarget sampai saat ini adalah Google dan disusul Yahoo serta MSN. Pemula yang baru saja mengenal dan memulai membuat blog, jika kemudian banyak memusingkan so'al SEO, tentu ada akibat positif dan akibat kurang positifnya.

Hal positnf yang bisa didapat ketika pemula belajar ngeblog seperti ibarat memulai pelajaran kelas 2 pada saat masih di kelas 1. Jika kemudian mampu dan menguasai, tentu sangat bagus. Ini seperti lebih maju 2 langkah. Menurut saya SEO bukan hal pertama yang perlu dan harus dipusingkan ketika pertama mulai blogging, tetapi yang terpenting adalah sekali lagi ciptakan artikel atau konten blog yang berkualitas dan bermanfaat buat banyak orang. Fokus saja pada posting dan usahakan kontinyu dan dan konsisten.

Perbanyak pengetahuan tentang blogging, bagaimana belajar menulis artikel yang bagus, bagaimana mengupayakan posting yang rutin dan terarah, dan tidak perlu banyak mengunjungi iklan iklan 'uang otomatis, 'skema cepat kaya', ATM meledak dan lain sebagainya. Tetap jaga kesadaran 100 % jika sampai masuk ke tawaran2 seperti itu, karena biasanya pemula lah yang paling banyak dibikin pingsan tak sadarkan diri membaca tawaran semacam itu.

Hal yang kurang positif jika pertama langsung larut dalam SEO, tentu ini membengkelai waktu dan tenaga untuk memahami dan belajar tentang teori teori SEO yang banyak terdapat di manapun. Hal ini akan menyebabkan blog yang baru Anda buat, menjadi kacau, tak punya arah jelas dan tidak tertarget. Menjadi jarang update bagi pemula kadang juga disebabkan karena hal ini. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk belajar dengan browsing tentang teknik-tehnik SEO, bagaimana onpage, bagaimana offpage, apa itu black hat, white hat dan seterusnya.

Berapa jam Anda online dalam sehari, 2 jam, 3 jam, atau bahkan 18 jam? dengan waktu sebanyak itu, berapa posting yang berhasil Anda publish?. Apa semuanya untuk belajar SEO atau mencari referensi untuk membuat artikel baru sesuai dengan niche Anda?.Atau karena makin banyak belajar, kemudian makin bingung dan akhirnya tidak ada satupun posting baru di blog Anda hari ini?!!

Bagi waktu blogging dengan pas dan berimbang. Berapa banyak untuk belajar, dan berapa banyak untuk praktek. Karena bagaimanapun juga, 'learning by doing' adalah senjata paling ampuh dalam segala hal yang positif tentunya. Tidak perlu untuk pusingkan SEO saat pertama mulai blogging, dan yang jelas ada saat yang tepat kapan harus mulai pusingkan SEO.

Artikel berkaitan:
==========================
>> Kapan saatnya mulai pusingkan SEO [cooming soon]

>> Step by step seo mudah dan gampang

>> On-Page SEO : Optimasi kata kunci pada halaman

>> On-Page SEO : Optimasi kata kunci pada posting

>> Riset kata kunci untuk posisi lebih baik di mesin pencari

>> Artikel SEO : Seputar kata kunci dan permasalahannya

5 komentar:

  1. Pemula juga harus belajar SEO . . .:D

    selamat menunaikan ibadah puasa Kawan,

    JNGAN lupa mampir ^_^

    BalasHapus
  2. Betul.. tapi jangan sampai waktunya habis untuk belajar SEO...gitu kira kira kesimpulannya..

    Mampir? pasti..gimana pesana tutorial saya udah ada belum..?

    Met Puasa juga..moga diterima amiin

    BalasHapus
  3. wah kayaknya memang harus memikirkan SEO mas, saya sendiri juga memikirkanya.

    BalasHapus
  4. ya memang hal ini yang saya rasakan pada saat pertama kali membuat blog...."BINGUNG" karena terlalu fokus pada SEO...sementara artikel belum ada yang dibuat......


    jasa pindahan

    BalasHapus
  5. Thanks infonya sob. Salam kenal.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.