Agustus 17, 2010

Traffic Alami (natural) dan Traffic Berbayar (Paid)

Dalam urusan website atau blog yang sukses, urusan terpenting dan tersulit adalah trafic (lalu lintas). Banyak orang mengatakan ' tidak ada satupun website yang sukses tanpa traffic. Berbagai macam cara dan trik untuk mendatangkan traffic pun dapat kita gunakan untuk mensukseskan website atau blog kita, mulai dari blog koment, link exchange, chat, social media bookmarking dan bahkan dengan search engine optimization atau SEO.

Berbicara mengenai traffic atau lalu lintas web, disini minimal ada 2 jenis traffic jika dilihat dari bagaimana cara mendapatkannya. Keduanya yaitu traffic alami (natural traffic) dan traffic dengan membeli (paid) atau traffic berbayar.

SERPs (search engine result page[s])
--------------------------------------------------
Hasil pencarian yang biasanya tampil di urutan 10 pada halaman pertama hasil pencarian, adalah sesuai algoritma mesin pencari yang bekerja dengan mengirim 'robot' atau spiderbot, dan idelanya memang harus yang paling relevan dengan kata kunci yang dimasukkan dalam tab pencarian. Disinilah kualitas mesin pencari dinilai. Semakin relevan hasil pencarian maka semakin baik kualitas sebuah mesin pencari. Dan biasanya hasil pencarian untuk kata kunci baru, akan muncul banyak sekali hasil pencarian, tetapi makin lama biasanya search engine akan dengan sendirinya menyingkirkan yang kurang relevan dan pada akhirnya hanya yang relevan saja yang berada di urutan teratas.

Traffic alami (natural traffic)
-------------------------------------------------- 

Ini adalah hasil pencarian yang sesungguhnya dalam mesin pencari. Seperti yang biasa kita lihat di Google dan Yahoo dan juga mesin pencari kebanyakan lainnya. Disini mesin pencari menayangkan banyak sekali url hasil pencarian sesuai yang paling relevan (secara teori). Ada dua faktor utama penilaian yang digunakan dalam mesin pencari yaitu: faktor relevansi dan faktor penting suatu halaman yang dinilai dengan PageRank atau PR.

Satu hal penting adalah bahwa tidak ada seorang pun yang bisa membeli hasil pencarian alami atau natural result di mesin pencari. Hanya ada satu cara mendapatkannya adalah jika konten benar benar sesuai atau relevan dengan kata kunci yang dimasukkan. Lain dengan jenis traffic yang kedua ini yaitu paid traffic atau traffic berbayar.

Traffic berbayar (paid traffic)
--------------------------------------------------
Mendapatkan traffic dari hasil pencarian di mesin pencari tetapi dengan membayar. Ini juga disebut dengan pure advertising. Dari sinilah mesin pencari mendapatkan penghasilan.Dalam Google kita kenal Google AdWords. Disinilah tempat terbaik jika menginginkan traffic sesuai pencarian, tetapi harus rela membayar untuk bisa muncul di hasil pencarian sesuai kata kunci. Hasil pencarian yang berbayar selalu ada di halaman pertama tetapi bukan tampi di tengah melainkan ada di sebelah kanan dan biasanya diberi tulisan 'sponsored link' atau advertising dan lain sebagainya. Dan jika berbicara tentang seo tentu bukan yang paid result yang dibicarakan, tetapi hasil yang alamai.

Mesin pencari adalah ibarat pemilihan besar besaran dan semua website atau blog adalah para calon atau kandidat. Inilah medan pertempuran untuk memenangkan posisi teratas di mesin pencari. Dan siapa yang berhasil berada di nomer 1 itulah jawaranya. Bagaimana bisa berada di urutan teratas harus mempunyai vote yang banyak. Link relevan ke website adalah vote tersebut. Semakin berkualitas dan relevan isi website Anda, maka akan semakin banyak mendapatkan vote tentunya.

Artikel berkaitan:
==============================
>> 6 cara gratis dapat backlink berkualitas
>> Bagaimana Google menentukan PageRank (PR)
>> Riset kata kunci untuk posisi lebih baik di mesin pencari
>> High quality link and high quality visitor
>> 30 cara strategi link building
>> 3 (tiga) macam teknik Search Engine Optimization (SEO)
>> 54 tempat submit artikel

1 komentar:

  1. Terima kasih artikelnya, sangat membantu buat saya yang sedang belajar SEO...

    jasa pindahan

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.