September 03, 2010

Facebook Masuk 10 besar Sasaran Phishing

Hasil riset dari Kaspersky Lab menunjukan bahwa situs social networks menempati urutan teratas dalam jajaran situs yang menjadi incaran sasaran phishing. Menurut Kaspersky, sasaran phising terhadap situs-situs social networks meningkat tajam pada pertengahan tahun 2010 ini, sejak Januari sampai Maret. Facebook termasuk dalam 4 situs paling diicar oleh aksi phising ini.

Target nomer satu adalaj PayPal, yang dilaporkan korban mencapai separo lebih dengan secor 52,2%. Ebay menempati urutan kedua pada 13.3%, HSBC menempati urutan tiga teratas dengan skor 7.8% dan laporan tersebut juga menunjukkan 0.57% sisanya pada serangan terhadap semua layanan e-mail.

Fokus pada Facebook yang masuk dalam dafta 10 besar target serangan phising, dalam prosentase mencapai 5.7% dari semua serangan. Kita banyak melihat akhir akhir ini bagaimana banyak orang mengeluh tentang akun facebook yang tidak bisa diakses karena terkena serangan hack. Akhir-akhir ini juga banyak bermunculan aksi phising dalam facebook, seperti pengiriman pesan berisi lampiran yang jika diklik itu adalah virus yang dapat mencuri password facebook dan password lain dalam komputer, dan tampaknya ini menjadi cara beberapa hacker melakukan hack facebook.

Satu hal yang cukup mengejutkan adalah ternyata Google menempati urutan ke lima dengan skor 3.1 % serangan. Hal ini menunjukkan bahwa ternyata Facebook lebih populer di kalangan hacker dan phisher di internet. Hal ini bisa disebabkan banyak hal seperti kemungkinan keamanan Google yang lebih baik dari facebook, atau karena memang facebook lebih profitable untuk di hack.

Salah satu laporan tersebut juga mengungkapkan tentang serangan sphising dan spam yang mengatakan bahwa volume spam tidak meningkat dan cenderung stabil pada pertengahan tahun 2010 ini pada 85,2%.“The saturation of the spam market has led to a halt in the growth of the volume of unwanted emails in mail traffic, having stabilized at around 85.2% in the first quarter of 2010,” Begitulah laporan itu menyebutkan.
http://www.kaspersky.com/news?id=207576083
http://www.securelist.com/en/analysis/204792117/Spam_evolution_January_March_2010

Phishing (kamus=pengelabuan) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi yang bersifat peka, seperti password (kata sandi) dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik (email) atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi tentang keuangan atau password (kata sandi) pengguna.

Artikel berkaitan:
----------------------------
>> Cara Telpon Pake Facebook (Vonage)
>> Cara Setting Privasi Facebook Mobile
>> Pengguna Facebook Mencapai 500 Juta Lebih
>> 39% Wanita Muda Akses Facebook Setelah Bangun Tidur [STUDI]
>> Virus Pembobol Password Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.