Juli 06, 2010

Situs down, apa yang dilakukan?[TIPS]

Tidak selalu ada di atas, roda berputar terus silih berganti posisi. Hal sama juga terjadi pada sebuah situs web atau blog. Situs down bukan hal yang aneh. Hal ini sangat biasa terjadi pada siapa saja tidak peduli sebesar apapun sebuah web. Hanya saja faktor faktor tertentu memungkinkan sebuah web besar sedikit jarang mengalami down. Tetapi tetap saja, bahkan situs sebesar Google juga bisa mengalami hal ini.

Lebih spesifik penurunan pada situs biasa atau situs berskala kecil seperti blog dan microblog, biasanya ditandai oleh menurunnya popularitas situs di mesin pencari maupun pengunjung unik sehingga terjadi penurunan pengunjung yang cukup signifikan. Banyak  blogger memantau perkembangan penurunan blog mereka dengan memasang tracker ranking seperti alexa. Terjadinya penggemukan nilai pada rangking alexa biasanya menjadi tolak ukur posisi sebuah blog down atau tidak. Lepas dari banyak faktor penyebab situs down, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika website atau blog dirasa sedang down:

Lakukan evaluasi
Telusuri dan temukan hal yang dirasa menjadi penyebab situs down. Secara dasar Anda pasti tahu selama ini dimana bagian dari situs yang paling menjadi faktor popularitas blog atau situs Anda. Evaluasi secara detail faktor tersebut untuk kemudian diambil kesimpulan kenapa para pengunjung unik tidak lagi setia mengunjungi? atau jika faktor mesin pencari, kenapa banyak url yang tidak lagi terindeks atau tergeser jauh ke halaman belakang misalnya. Bukan hanya kedua hal tersebut saja, tetapi evaluasi bisa dilakukan secara menyeluruh apapun yang ada di disekitar website atau blog Anda.

Konten basi dan usang
Telah kita ketahui bersama, mesin pencari Google selalu menyukai konten yang baru, fresh dan orisinil. Kita banyak melihat blog dengan urutan bagus di mesin pencari tidak melakukan update posting dalam waktu yang cukup lama. Mungkin benar posisi tetap bagus di mesin pencari, tetapi perlu diketahui bahwa pengguna internet tidak akan selalu mencari kata kunci yang sama selama setahun atau puluhan tahun. Pada akhirnya blog atau website bertema sama, meskipun posisi tidak sebagus website pertama, tetapi dengan konten yang terus diperbaharui dan fresh, lebih banyak mendapatkan pengunjung dari kata kunci atau frasa kata kunci yang sama.

Oleh karena itu cobalah untuk meng update konten dengan artikel yang fresh dan baru. Banyak cara yang bisa dilakukan tentang update conten ini, misalnya dengan membuka guest post atau penulis tamu. Atau bahkan jika memungkinkan bayarlah penulis penulis artikel yang akan dengan senang hati mengupdate konten basi Anda.

Perhatikan kemungkinan adanya faktor baru mesin pencari (SEO)
Seperti kita tahu, mesin pencari selalu mengembangkan algoritmanya untuk menghasilkan result yang lebih baik dan relevan. Kemudian kadang muncul faktor faktor baru dalam menentukan hasil pencarian. Seperti beberapa waktu lalu, Google mengumumkan faktor loading sebuah halaman situs web menjadi faktor SEO meskipun hanya 1% saja. Pada saat seperti ini tentu saja banyak webmaster yang melakukan perubahan bahkan kadang perubahan total demi faktor baru tersebut demi mempertahankan posisi di mesin pencari. Anda tidak ikut melakukan perubahan? bagaimana menurut Anda sendiri?

Berbica mengenai faktor SEO, jikapun tidak ada faktor baru sekalipun, masih terbuka kemungkinan situs Anda akan tergeser ke posisi bawah karena diluar sana banyak pesaing yang mati matian melakukan optimasi untuk blog atau website mereka untuk menggeser posisi.

Bagaimana dengan social bookmarking?
Apakah sudah menggunakannya dengan baik?. Social bookmarking pada akhir ini mempunya pengaruh yang sangat besar terhadap kesuksesan sebuah website. Selain dapat mendatangkan traffic yang mengerikan, banyak penelitian yang menghasilkan kesimpulan yang mencengangkan tentang pengaruh social media terhadap kesuksesan promosi produk tertentu. Sebuah website yang tidak menggunakan secara maksimal fasilitas ini, tentu saja akan ketinggalan dengan website yang menggunakannya dengan baik.


Perhatikan strategi pemasaran yang digunakan
Strategi pemasaran dalam bisnis online di internet terus mengalami perkembangan dan pergantian. Dulu sebelum meledaknya situs situs social media seperti twitter dan facebook, webmaster banyak mengandalkan search engine dan salesletter serta program afiliasi dan PPC sebagai andalan marketing dan membangun jaringan bisnis online. Tapi seiring perkembangan dunia internet, kini hal tersebut bukan lagi menjadi andalan karena muncul cara cara dan strategi strategi lain yang bisa dilakukan. Anda pernah dengan social media marketing, video marketing, podcasting dan bahkan mobile marketing?

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan website atau blog dari keterpurukan. Fakta menunjukkan bahwa situs situs atau blog besar dan terkenal selalu berisi konten baru dan fresh setiap harinya. 4 sampai 20 posting baru tidak pernah absen mengisi halaman demi halaman setiap harinya. Bagaimana dengan sobat blogger semua? pasti mempunyai tips tips yang lain dan senang sekali jika mau berbagi ...
_________________
Artikel berkaitan:
>> Macam jenis marketing di internet
>> Membangun kepercayaan customer bisnis online
>> Facebook dan twitter berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian
>> Tips mendapatkan traffic gratis dan melimpah
>> Cara cara menghasilkan uang dari internet

2 komentar:

  1. bagus2 postingannya, jd betah lama2 bacanya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih apresiasinya Mas Abusyafiq..moga manfaat aja amiin

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.